WORKSHOP PENGUATAN ISLAM LIL’ALAMIN

Wonosobo-Urgensi Penguatan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin Pada Pelajar dirasa sangat penting.  Oleh karenanya, Kantor kementerian Agama Kabupaten Wonosobo melalui Seksi Pendidikan Agama Islam, Gelar Workshop Penguatan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin Dan Multikultural, Selasa (27/2) Kemarin. Workshop di Gelar di Rumah Makan Resto Ongklok Wonosobo, dengan Melibatkan kurang lebih 40 Siswa Yang duduk di Bangku SMA/K Di Wilayah kabupaten Wonosobo dan di hadiri Kepala Kemenag Wonosobo, Pengawas Pendidikan Agama Islam SMA/SMK dan Ketua MGMP PAI SMA Kab Wonosobo Sekaligus sebagai narasumber Workshop.
.
Dalam sambutannya membuka workshop, Kepala Sub.Bagian TU Kankemenag Wonosobo Cahyo Sukmana, Beberkan Tujuan dari kegiatan yakni Untuk membentengi Generasi muda Yang notabennya masih Labil pemikirannya, Agar tidak terseret dalam Aliran Yang melenceng dari akidah Ahli sunnah Wal Jamaah dan Islam rahmatan Lil Alamin,Serta menjelaskan Bahwa Bangsa Indonesia Merupakan Bangsa Multikultural.
.
“ Indonesia merupakan kesatuan dari sekian banyaknya pulau dari Sabang sampai merauke yang memiliki beragam kebudayaan, bahasa, Kepercayaan dsb. Meskipun dalam Beragama mayoritas memeluk Agama Islam, Namun bukan berarti Indonesia hanya milik Mereka yang beragama Islam. Beranjak dari itu, maka perlu untuk kita Mengutamakan sikap toleransi dan mengubur sikap intoleransi yang bisa menyulut perpecahan.”ungkapanya.
.
Selanjutnya pihaknya menambahkan, Sebagai pemeluk Agama Islam Harus mampu mendalami apa itu Islam RAHMATAN LIL ‘ALAMIN Sekaligus Menjunjung Tinggi Nilai Saling menghormati sesama dan Meniru Suri Tauladan Uswah hasanah Nabi Muhammad Sebagai Teladan dalam kehidupannya. Hal itu Cahyo Sukmana Kuatkan dengan Fhirman Allah SWT.
.
“Budaya, Suku,  Bahasa,bahkana perbedaan merupakan berkah dan Rahmat yang di berikan oleh Allah SWT yang harus di syukuri.  Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT yang terkandung dalam Al Qur’an Surah Al-Anbiyah ayat 107. Dan didalam konsep keberlangsungan Hidup saat ini, Teladan Rasul bisa di jadikan contoh untuk Menuju Islam Rahmatan Lil ‘Alamin.” Tambahnya.
.
Sementara itu, M Thobiq Selaku Kepala Kemenag Wonosobo dalam sambutannya sekaligus menutup Workshop Berpesan, Peserta yang sudah mengikuti Workshop agar bisa Menerapkan Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin dalam kehidupan sehari hari bukan hanya di lingkungan Sekolah tetapi juga dalam kehidupan bermasyarakat.
.
“Semoga kegiatan ini tidak hanya selesai disini, tapi perlu dikembangkan di Masing-masing sekolah. Selain itu, Kita juga harus giat dan rajin belajar membekali diri dengan ilmu Sebanyak mungkin, sehingga tidak tergilas oleh kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Belajarlah untuk mengkomparasi Sains dengan keilmuan Al-qur’an Karena Sesungguhnya Al-Qur’an merupakan Sumber dari pada Semua Ilmu di Dunia ini.” Pungkasnya. PS-WS