World Clean Up Day, Wujud Kepedulian Kebersihan Lingkungan MAN 1 Pati

Pati – Dalam rangka memperingati Hari Pembersihan Dunia atau World Cleanup Day 2018, seluruh civitas MAN 1 Pati melaksanakan kegiatan kebersihan di lingkungan sekolah yang terletak di Jl. P. Sudirman km.3 Pati pada hari Sabtu (15/9/2018). Hal ini disampaikan Kepala MAN 1 Pati Moh Kodri, di ruang kerjanya, Selasa (25/9/2018).

Sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekolah, Bidang Kesiswaan dan Tim Adiwiyata MAN 1 Pati mengadakan “Kompetisi Pungut Sampah dan Beberes Kelas”. Peserta didik bersama guru khususnya wali kelas mengikuti kegiatan dengan penuh antusias di mana peserta didik dan guru turut membersihkan kelas masing-masing, dengan alat kebersihan yang ada di sekolah maupun yang dibawa dari rumah. Kegiatan ini turut memperebutkan beberapa kategori di antaranya ; kelas dengan pengumpul sampah terbanyak, kelas dengan pengumpul sampah paling variatif, kelas paling bersih, kelas dengan alat kebersihan terlengkap, kelas dengan kostum terheboh, dan kelas dengan foto kegiatan paling unik dan artistik, papar Kodri panjang lebar.

Masing-masing pemenang kategori tersebut berhak mendapatkan hadiah dari penyelenggara, imbuhnya.

Selain wujud kepedulian akan kebersihan lingkungan, kegiatan ini diharapkan mampu memupuk dan membentuk kepedulian dan solidaritas dari seluruh warga sekolah akan pentingnya kerjasama dalam sebuah lembaga. Kegiatan ini pun diharapkan tidak berhenti hanya pada peringatan hari-hari tertentu, namun terus berjalan menjadi sebuah pembiasaan yang positif, tegas Kodri. (AM/bd)