Zakat Fitrah Adalah Wujud Kepedulian Umat Islam

Kota Magelang – Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kementerian Agama Kota Magelang melakukan pendistribusian zakat fitrah pada Ramadhan 1442 H/ 2021 M.  Zakat yang dihimpun dari ASN dan guru madrasah dilingkungan Kementerian Agama Kota Magelang itu utamanya untuk menjalankan rukun Islam serta sebagai penyempurna dari ibadah puasa Ramadhan. Pelaksanaan zakat oleh Gara Zawa Kantor Kementerian Agama Kota Magelang merupakan implementasi dari Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 4 Tahun 2021. Pentasyarufan zakat Senin (10/05) dilakukan di Aula Kantor.

Kepala Kantor Sofia Nur  didampingi  Gara Zawa Abdul Haris menyalurkan 161 paket zakat. Mengingat kondisi dimasa pandemi Covid 19, Penyaluran zakat di aula kantor hanya diberikan kepada perwakilan pramubakti dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Magelang ,   dan perwakilan Yayasan Sosial dari masyarakat sekitar. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga terjadinya kerumunan dan mematuhi PPKM. Selanjutnya, pentasyarufan dilakukan dengan cara dor to dor mengunjungi penerima zakat (mustahiq) di kediamannya.

Dalam sambutannya Sofia Nur mengatakan “ Zakat Fitrah merupakan salah satu kewajiban bagi umat Muslim di setiap bulan Ramadhan. Setidaknya zakat fitrah memiliki 3 keutamaan dan kemanfaatan, yaitu untuk membersihkan diri, menjadi salah satu bukti kepedulian  terhadap sesama, serta dapat mewujudkan kebahagiaan bagi para fakir miskin” ujarnya.

“Membayar zakat fitrah merupakan bukti kesalehan sosial. Zakat Fitrah juga merupakan instrumen penting dalam mewujudkan pemerataan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Selain itu juga membuktikan bahwa ajaran Islam bisa menjadi solusi atas masalah yang ada, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini” tambah Sofia Nur.

Selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Sofia Nur menghimbau kepada seluruh ASN-nya menyisihkan sebagian rezekinya untuk membayar Zakat Fitrah. Apalagi dilakukan pada bulan  ramadhan, dimana pahala kita tidak hanya dilipat gandakan, akan tetapi juga dapat membersihkan harta karena diantara apa yang kita punya ada hak orang lain.

Abdul Haris pada kesempatan itu mnyampaikan ucapan terimaksih kepada seluruh ASN dan guru madrasah dilingkungan Kementerian Agama Kota Magelang yang telah mempercayakan pembayaran zakat fitrahnya melalui kantor. Beliau juga berharap agar di tahun mendatang kegiatan ini tetap diberlangsungkan agar dapat meringankan kebutuhan sehari-hari para pramubakti dan masyarakat di sekitar Kementerian Agama Kota Magelang. (HS)