Zarkasy : Sertifikat Pendidik Bukti Profesionalisme Guru

Surakarta – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surakarta melalui Seksi Pendidikan dan Keagamaan Islam (PAKIS) mengadakan pembinaan terhadap guru – guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK di Aula Kemenag Kota Surakarta pada Rabu (20/12).

Dalam sambutannya, Zarkasy, selaku Kasi PAKIS yang baru menjabat beberapa minggu di Kankemenag Kota Surakarta, yang sekaligus mewakili Kakankemenag Kota Surakarta mengatakan pentingnya seorang guru memperoleh setifikat sebagai seorang pendidik yang professional.

“Pemberian sertifikat pendidik adalah bukti profesionalisme guru PAI. Untuk itu seorang guru PAI harus senantiasa berupaya meningkatkan kwalitas pendidikan”, tegas Zarkasy.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa guru PAI memegang amanah penting dari pemerintah melalui Kementerian Agama untukĀ  ikut mewujudkan visi misi Kemenag khususnya di bidang pendidikan. Pemerintah telah mempercayakan amanah ini kepada guru-guru yang mempunyai kompetensi atauĀ  profesionalisme yang dibuktikan dengan pemberian sertifikat pendidik.

“Pemberian tunjangan profesi guru PAI harus harus sebanding dengan peningkatan mutu pendidikan PAI di sekolah,” paparnya.

Untuk itu, diharapkan guru-guru PAI dapat menjadikan anak didiknya memiliki pemahaman dan pengamalan agama Islam yang baik dan benar. Dia menghimbau pemberian tunjangan profesi guru hendaknya digunakan sebaik- baiknya agar bermanfaat dan barokah.

“Tunjangan profesi guru adalah hak setiap guru PAI, tetapi harus didahului dengan melaksanakan kewajiban terkait tupoksi selaku guru PAI,” imbuh Zarkasy.

Syarat mutlak untuk memperoleh tunjangan profesi adalah sertifikat pendidik dan memenuhi beban mengajar 24 – 40 jam tatap muka/mengajar.

Melanjutkan instruksi dari Kepala Kemenag Kota Surakarta, Zarkasy mengajak kepada semua guru PAI untuk ikut mensukseskan kegiatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke 72 yang puncak acaranya akan diadakan Upacara HAB Kemenag ke 72 di Stadion Sriwedari Kota Surakarta pada 3 Januari 2018 mendatang.

Selaku Kasi PAKIS yang baru Zarkasy juga menyampaikan terimakasih dan ucapan selamat kepada guru- guru PAI yang telah ikut memeriahkan berbagai macam perlombaan dalam rangka HAB Kemenag ke 72.

Di akhir sambutannya Zarkasy juga mengajak semua guru PAI untuk bersama-sama melaksanakan amanah dari pemerintah dan bekerja sama secara sinergis meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di kota Surakarta. (mia_rma/Wul)