113 anak TK unjuk kemampuan melalui Gebyar PAI

Salatiga – Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kantor Kementerian Agama Kota Salaiga, untuk pertama kalinya menyelenggarakan kegiatan Gebyar Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAI) tingkat TK se-kota Salatiga dengan mengadakan empat jenis lomba yang terkait dengan aspek pembinaan Iman, Taqwa dan Akhlaq yang mulia, yaitu : Tahfidz (hafalan) Qur’an surat pendek, praktek sholat wajib, Pildacil (Pemilihan Dai Kecil) dan mewarnai kaligrafi.

Dalam Pelaksanaan kegiatan yang telah diselenggarakan di TK Islam Sultan Fattah, Jl. Diponegoro no. 115 Salatiga, pada hari Jum’at , 8 Mei 2015 tersebut, Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kantor Kementerian Agama Kota Salaiga berpedoman pada penyelenggaraan Gebyar PAI TK tahun 2015 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015.

Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kantor Kementerian Agama Kota Salaiga Nur Cholis, M.Pd.I, sekaligus ketua panitia menyampaikan dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan tersebut, bahwa Gebyar PAI ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada anak TK yang beragama Islam untuk mengembangkan bakat dan minat, kemampuan serta potensi diri pada aspek ketrampilan dan seni Pendidikan Agama Islam (PAI), membangun aspek Emosional Quation (EQ) dan Spiritual Quation (SQ) yang baik sedini mungkin dikalangan anak didik TK juga untuk Membangun ukuwah Islamiyah dikalangan guru, orang tua, anak didik dan Pengelola Taman Kanak-kanak.

Dalam monitoring pelaksanaan kegiatan tersebut Kepala kantor kementerian Agama kota Salatiga H. Wuryadi, M.Pd.I merasa bangga sekaligus haru dan hampir meneteskan air mata, melihat peserta lomba yang masih berusia lima tahun, telah fasih melafalkan surat pendek dan bacaan sholat serta melakukan gerakan sholat dengan baik dan benar.

Kegiatan Gebyar Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAI) TK Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga terlaksana dengan baik dan lancar dengan memilih juara satu di setiap cabang lomba yang dikirim ke tingkat provinsi Jawa Tengah. Dan alhamdulillah, Kementerian Agama Kota Salatiga yang notabene kota kecil mampu memperoleh juara harapan satu (Juara empat) dalam lomba Pildacil atas nama Aisya Kencana Ungu dari TK Teladan Tarbiyatul Banin II Salatiga. (Dwi Suryani)