26 Madrasah Ikuti Prabimtek EDM dan e-RKAM di MTsN 1 Pati

26 Madrasah Ikuti Prabimtek EDM dan e-RKAM di MTsN 1 Pati

Pati – Sebanyak 26 madrasah mengikuti Pra-Bimbingan Teknis Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan elektronik Rencana Kerja Anggaran Madrasah (e-RKAM) yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati pada Selasa (26/10) di MTsN 1 Pati. Kegiatan prabimtek yang diikuti 78 peserta terdiri atas kepala madrasah, bendahara, dan OPM jenjang MI, MTs, dan MA se-Kecamatan Winong dan Tambakromo, dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

EDM merupakan salah satu instrumen strategis yang dapat digunakan oleh setiap satuan pendidikan madrasah untuk mengetahui kondisi objektif kekuatan dan kelemahan madrasah dalam konteks pencapaian standar mutu pendidikan. Hasil EDM nantinya akan digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program atau kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam RKAM. M. Agus Anshori, Koordinator TIK Kemenag Kabupaten Pati, menyebutkan bahwa EDM dan e-RKAM merupakan semua ruh kegiatan yang ada di madrasah. “Untuk itu prabimtek ini dilaksanakan, tujuannya agar mengetahui terlebih dahulu secara persis apa itu EDM dan e-RKAM, karena terkait dengan pencairan dana BOS,” ujarnya.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan madrasah harus diikuti dengan sebaik mungkin, seperti prabimtek EDM dan e-RKAM. Lebih lanjut, ia mengungkapkan, saat ini madrasah sudah dapat disejajarkan dengan sekolah pada umumnya bahkan lebih tinggi sehingga tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. “Kita harus bangga menjadi warga madrasah. Kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti ini, harus kita ikuti sesuai dengan regulasi yang ada. Ini semua untuk kemajuan madrasah kita,” ujarnya. Syafak berharap dengan adanya prabimtek ini menjadi awal yang baik untuk mewujudkan madrasah, khususnya di Kecamatan Winong dan Tambakromo menjadi madrasah hebat bermartabat, mandiri berprestasi, dan mendunia.

Salah satu peserta, Zaenal Arifin, mengungkapkan bahwa pelaksanaan prabimtek ini sangat bermanfaat bagi dirinya sebagai tim pengembang madrasah dalam merencanakan prioritas program madrasah di MTsN 1 Pati. Ia menjelaskan bahwa pada pelaksanaan prabimtek EDM dan RKAM, pemateri di dalam menyampaikan sudah sangat baik dan runtut, serta mudah diterima peserta. Selain itu, dalam pembuatan EDM juga lebih praktis sehingga mempermudah dalam penyusunan RKAM. “Alhamdulillah, bermanfaat sekali khususnya bagi saya sebagai tim pengembang madrasah. Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak dan Ibu pemateri, semoga mendapatkan balasan berupa kenikmatan dari Allah Swt.,” pungkasnya. (TiM/at)