khotmil quran MI Al Fatah

31 Siswa MI Al Fatah Ikuti Haflah Khotmil Quran

Banjarnegara – Pondok Pesantren Al Fatah Parakancanggah tengah menggelar acara Haflah Khotmil Quran dan Kutub, Sabtu, (26/6) dengan jumlah keseluruhan 270 peserta Khotmil Kutub dan 219 peserta Khotmil Qur’an dimana dari MI Al Fatah yang mengikuti acara tersebut ada 31 siswa dan 2 guru tahfidz.

Acara kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang biasanya dilaksanakan secara langsung, namun dimasa pandemi ini dilaksanakan secara live streaming. Walau demikian tidak mengurangi khidmat acara. Dimana ada beberapa rangkaian acara yang akan diikuti oleh para peserta haflah.

“Rangkaian acara yang akan diikuti peserta diantaranya ada prosesi Khotmil Kitab Nadzom ‘Aqidatul Awam dilanjut do’a dan penyerahan syahadah. Kemudian prosesi Khotmil Kitab Al Jurumiyyah dan Imrithi. Khotmil Kitab Nadzom ‘Aqidatul Awam diikuti oleh 147 peserta, Khotmil Kitab Al Jurumiyyah ada 26 dan Khotmil Kitab Imrithi 97 peserta,” terang Soib, Ketua Panitia.

“Acara dilanjut prosesi Khotmil qur’an, Do’a Khotmil, Imtihan terbuka, penyerahan syahadah, dan tahlil. Dengan jumlah peserta 219,” imbuhnya.

Kepala MI Al Fatah, Durotun Nafisah mengucapkan selamat kepada peserta dan menyampaikan harapannya.

“Saya ucapkan selamat kepada peserta Khotmil Qur’an dan Kutub khusus dari MI Al Fatah atas khatam qur’an Juz 30 bilghoib dan 30 Juz,” ucapnya.

“Mudah-mudahan bisa menjaga hafalannya dengan bermuroja’ah sampai dewasa atau selama hidupnya. Dan semoga Al quran dapat bercampur dengan darah dan daging anak-anak sejak dini agar akhlak mereka juga nanti dilandasi/dihiasi akhlak Al Qur’an yang di contohkan Rasulullah Saw,” harapnya.

Para peserta sangat antusias dan khusuk dalam mengikuti haflah ini. Arroni bin Nurul Huda adalah salah satu peserta yang sangat antusias dengan mempersiapkan mental serta memperbanyak tadarusnya.

“Sebagai bentuk syukur saya berdo’a mohon ridho Allah, menyiapkan mental, dan memperbanyak tadarus dan hafalan,” ungkapnya.

Ungkapan rasa syukurpun diungkapkan oleh wali santri dari Zahra Aqila Rahma bin Widi Purwantoro yang merupakan siswa MI Al Fatah kelas 1.

“Saya sebagai orang tua sangatlah bersyukur dan terharu karena anak kami bisa mengikuti Khotmil Qur’an Juz 30, harapan kami semoga kedepannya anak kami menjadi anak yang ahli ilmu dan ahli qur’an dan apa yang di cita-citakan di ridhoi oleh Allah SWT,” harapnya. (nasd/ak/rf)