Sebanyak 33 Siswa Madrasah Kabupaten Wonosobo Ikuti KSM Tingkat Provinsi

Wonosobo – Usai mengikuti seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten pada Agustus yang lalu, Kankemenag Kab. Wonosobo berhasil menjaring tiga puluh tiga siswa Madrasah untuk diikutkan dalam KSM tingkat Provinsi.

Sebanyak 33 peserta asal Kabupaten Wonosobo dari jenjang MI, MTs dan MA dijadwalkan untuk mengikuti KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021, secara online pada tanggal 19-20 September 2021.

Menurut Kasi Pendidikan Madrasah (Penma) Kankemenag Kab. Wonosobo, Totok Jumantoro, dalam sambutannya saat penyerahan piagam dan piala kepada juara KSM tingkat Kab. Wonosobo menyampaikan, ke tiga puluh tiga siswa tersebut ditempatkan di MTs N 1 Wonosobo untuk mengikuti KSM secara Online,

“kontingen Wonosobo tersebut kita pusatkan di MTs N 1 Wonosobo saat pelaksanaan KSM. Hal tersebut untuk mengantisipasi kendala jaringan maupun kendala teknis lainnya saat melaksanakan KSM,” kata Totok Jumantoro pada Hari Selasa, (22/9).

Ia menambahkan, pemusatan pelaksanaan KSM di MTs N 1 Wonosobo merupakan keputusan bersama yang diambil oleh Komite KSM Kabupaten, “sesuai dengan juknis Pelaksanaan KSM, Komite yang terdiri dari Kakankemenag, Kasi Penma, Helpdesk/Proktor Kabupaten dan pengawas diberikan tugas dan tanggung jawab melaksanakan KSM termasuk menyiapkan tempat penyelenggaraan KSM,” tandasnya.

Sementara itu, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, dalam sambutannya menyampaikan bahwasannya peserta KSM yang mewakili Wonosobo ditingkat Provinsi merupakan siswa terbaik sesuai dengan bidangnya yang sudah terjaring ditingkat Kabupaten,

“peserta KSM di tingkat Provinsi ini, diikuti oleh tiga siswa terbaik tiap bidang studi yang dilombakan sebagai hasil seleksi KSM Kabupaten,” kata Farid.

Oleh karenanya, lanjut Farid, peserta yang sudah terpilih bisa berpacu atau berkompetisi semaksimal mungkin untuk membawa nama Kabupaten Wonosobo lebih baik. Ia juga berharap, dari tiga puluh tiga perwakilan tersebut ada yang terjaring untuk maju tingkat Nasional,

“perjuangnnya masih panjang maka butuh pendampingan oleh guru agar lebih matang. Kami berharap ada perwakilan Wonosobo yang lolos tingkat provinsi dan maju tingkat Nasional. Dengan begitu langkah menuju medali emas, perak atau bahkan perunggu semakin terbuka,” imbuhnya.

Sesuai isi Juknis Pelaksanaan KSM tahun 2021 disebutkan, setiap bidang studi disediakan medali dengan jumlah total 15 medali baik perak, perunggu maupun emas dan Total medali yang diperebutkan untuk 11 mata lomba sebanyak 165 medali. Ps-ws