527 Siswa MTsN 2 Wonosobo Mendapat Vaksin Covid 19

Wonosobo – Sebanyak 527 siswa MTsN 2 Wonosobo, pada hari Selasa (9/11) telah mendapat vaksinasi covid 19. Vaksinasi tersebut merupakan program inisiasi oleh pihak madrasah yang bekerjasama dengan UPT Puskesmas 1 Mojotengan, guna pemerataan vaksinasi covid 19 kepada anak usia sekolah,

“pada bulan September lalu, Menag RI Gus Yaqut dihadapan media mengharapkan adanya percepatan vaksinasi kepada siswa madrasah. Selanjutnya kami berkoordinasi dengan pihak puskesmas untuk mengajukan program vaksinasi pada peserta didik kami. Dan alhamdulillah hari ini terlaksana meskipun belum 100%,” kata Yatiman selaku Kepala MTsN 2 Wonosobo.

Ia menambahkan, bahwa 527 siswa tersebut belum keseluruhan dari jumlah siswa, melainkan baru mencapai 64% dari jumlah total 824 siswa. Ia berharap dalam waktu dekat keseluruhan siswa bisa mendapat vaksin, “kami berharap dalam waktu dekat seluruhnya sudah divaksin. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini semoga pandemi covid-19 segera berlalu dan kegiatan bisa berjalan dengan normal” tandasnya.

Pelaksanaan vaksinasi di MTsN 2 Wonosobo, mendapat dukungan dari pihak forkopimcam Mojotengah. Hal tersebut terlihat saat pelaksanaan vaksinasi turut meninjau ke lokasi yakni Kasi Trantib mewakili Camat Mojotengah, Samiyo,  Danramil Mojotengah, Kapten Czi Sarwiyono, dan Kapolsek Mojotengah Iptu Sanyoto serta Kepala UPT Puskesmas 1 Mojotengah.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala UPT Puskesmas 1 Mojotengah Kirlan, menerjunkan 16 orang tenaga kesehatan yang menjadi vaksinator. Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan vaksin hari ini melalui beberapa tahapan yaitu dimulai dengan registrasi, screening, injeksi atau proses vaksinasi dan Observasi.

“Vaksinasi itu pada umumnya bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh atau kekebalan kelompok (herd immunity), dan tujuan dari vaksinasi covid-19 ini agar seluruh masyarakat terhindar dari penyakit Covid -19 dan dapat beraktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” terang Kepala Kirlan.

Kirlan menegaskan, vaksinasi ini adalah salah satu upaya untuk mendapatkan kekebalan imun tubuh. Selain itu, vaksin ini adalah salah satu alat latihan untuk sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat menerima sebuah penyakit, dalam hal ini virus Covid-19, “jika sudah divaksin, virus yang masuk ke tubuh itu pada jumlah yang tidak membuat kita sakit. Artinya tubuh kita cukup bisa menstimulus sehingga akan membentuk kekebalan jangka panjang,” ungkapnya.

Ditempat berbeda, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, mengapresiasi langkah MTsN 2 Wonosobo yang telah menjalin kerjasama dengan UPT Puskesmas, “kami mengapresiasi langkah kerjasama antar madrasah dengan pihak kesehatan, diharapkan kerjasama serupa dilakukan oleh madrasah lain untuk percepatan vaksinasi siswa madrasah di Wonosobo.” kata Farid.

Ia berharap usai dilakukan vaksinasi, proses PTM dapat berlangsung dengan baik. Slm-ws