600 Siswa SD Ikuti Lomba MAPSI

Wonogiri – Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam (MAPSI) Sekolah Dasar ke 17 Tingkat Kabupaten Wonogiri tahun 2014 yang di laksanakan Sabtu, 11 Oktober di Kecamatan Jatiroto dan sekitarnya yang di ikuti 25 kontingen / kecamatan dengan jumlah peserta lomba 600 siswa.

Acara pembukaan di meriahkan dengan divfle drumband siswa SD. Adapun pemenang tingkat kabupaten akan mewakili Kabupaten Wonogiri dalam lomba MAPSI tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 7 – 9 Nopember 2014 di Kendal.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri Drs. H. Siswanto, M.Pd menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada KKG PAI yang telah menyelenggarakan kegiatan MAPSI, H. Siswanto menekankan bahwa tujuan utama MAPSI adalah sebagai tolak ukur penerapan kurikulum PAI SD dan keberhasilan pelaksanaan PAI SD di Wonogiri, serta meningkatkan akhlaqul karimah dan memupuk ukhuwah islamiyah dan menumbuhkan rasa cinta islami sehingga menjadi spirit dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Selain itu Plt Ka. Kankemenag Wonogiri H. Hidayat Masykur, S.Ag. MSI mengharapkan event MAPSI benar-benar menjadi ajang memamahi dan meningkatkan keberadaan seni islami yang semakin tergerus perkembangan zaman, juga mampu meningkatkan ketrampilan beragama dalam kehidupan sehari-hari yang pada akhirnya akan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

H. Hidayat Masykur juga berharap guru agama Islam dan siswa lebih bergairah dalam mempelajari, memahami serta mampu menerapkan pendidikan Agama Islam dalam lingkungan masyarakat sekitar.

Acara tersebut dihadiri oleh Plt. Ka. Kankemenag Wonogiri H. Hidayat Masykur, S.Ag. MSI, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri Drs. H. Siswanto, M.Pd, Camat Jatiroto Panji Tito Yuwono. MM, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan, Pengawas Pendidikan Agama Islam dan Guru PAI SD se Kabupaten Wonogiri.

Adapun menurut ketua Panitia MAPSI H. Ihsanudin jenis cabang lomba yang di perlombakan antara lain : Lomba Pengetahuan PAI & BTQ, Khitobah/pidato, Tilawatil Qur’an, lomba ketrampilan dan tehnologi informasi dan komunikasi (LK-TIK), Adzan, Mocopat IslamKhot/Kaligrafi (menulis indah huruf arab) dan Rebana. Adapun sebagai juara umum dari kontingen Kecamatan Baturetno.(Mursyid & Heri)