80 Calon Kepala Madrasah Negeri jalani Asesmen melalui CAT

Yogyakarta – Sebanyak 80 orang guru calon Kepala Madrasah Negeri di Jawa Tengah pagi ini mengikuti tes asesmen di Kanreg I Yogyakarta. Menurut Wahid Arbani, Kasubag Ortala dan Kepegawaian, hari ini dilaksanakan tes CAT untuk mengambil rangking 1-25 untuk masing-masing jenjang. “Selanjutnya akan dilakukan wawancara,” jelas Wahid.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Ahmadi berharap dengan diadakan tes ini bisa lebih mengenali kompetensi masing-masing personal sedangkan kompetisi yang ada lebih mengarah pada kompetisi partnership, bukan kompetisi bebas. Meskipun tidak adanya bisa berhasil. “Kita berharap dengan diadakan tes ini akan benar-benar ditemukan figur yang tepat yang mampu membawa kemajuan bagi pendidikan madrasah di Jawa Tengah,” harap Ahmadi.

Purwanto, Kepala Kanreg I BKN Yogyakarta, menjelaskan bahwa yang perlu dipahami tentang standar kompetensi, bahwa sebelum dilakukan tes adalah adanya list kompetensi standar (Standar Kompetensi Jabatan). “List ini berisi kompetensi standar yang harus dikuasai, baru dilakukan tes di sini,” kata Kakanreg.

Tes Kompetensi ini terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama dilakukan tes dengan metode CAT (Computer Assisted Test) dan tahap kedua berupa wawancara dengan berbagai metode. Secara keseluruhan tes kompetensi akan berlangsung selama tiga hari hingga kamis (20/8) lusa. (fat)