888 Jamaah Haji Ikuti Tasyakuran

Grobogan – Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Swt atas rahmat dan karunia-Nya dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Kabupaten Grobogan, Pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan bekerjasama dengan Kemenag Grobogan menggelar tasyakkur. bahwa haji berjalan dengan lancar dan sukses, di Pendopo Kabupaten Grobogan, Selasa (25/9).

Tasyakuran ini diikuti oleh 888 Jamaah Haji yang tergabung dalam Kloter 73,74 dan 75 Embarkasi Solo. Dan dihadiri diantaranya oleh Sekda, semua Kepala Dinas di lingkup Pemerintah Kabupaten Grobogan, Kemenag Grobogan dan Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Grobogan.

Menurut laporan ketua panitia Asisten II Bupati Grobogan Ahmadi Widodo mengatakan guna menyambut kembalinya jamaah Haji Kabupaten Grobogan pada tanggal 19 September lalu. Pemerintah Kabupaten Grobogan dan Kemenag Grobogan mengadakan tasyakuran Haji yang diikuti 888 jamaah haji, satu meninggal dunia atas namanya Ibu Hartini dari Desa Tirem Kecamatan Brati.

“Kami mengucapkan selamat datang kembali para jamaah haji Kabupaten Grobogan, semoga menjadi haji mabrur mabrurroh,”ucapnya. 

Dalam sambutannya Bupati Grobogan Sri Sumarni menyampaikan Alhamdulillah semua jamaah Haji Kabupaten Grobogan telah tiba di Kabupaten Grobogan dengan sehat wal afiat dan selamat, yang ditandai wajahnya cerah yang telah menjalankan prosesi ibadah haji ditanah suci.

“Alhamdulillah pelaksanaan ibadah haji tahun 2018 lancar dan sukses, dari daerah maupun di Arab Saudi. Pemerintah dan Kemenag juga sudah mengupayakan semaksimalkan mungkin dalam rangkaian ibadah haji, itu terbukti pelayanan ibadah haji dari tahun ke tahun semakin meningkat,”ungkapnya.   

Mengingat ada jamaah haji yang meninggal satu diarofah dari Kecamatan Brati, kami turut berduka cita dan keluarga diberi ketabahan. Serta jamaah haji yang gagal belum bisa berangkat tahun ini, kita doakan semoga bisa berangkat tahun depan.

Sementara Plt.Kepala Kemenag Kab.Grobogan Ali Ichwan dalam wawancaranya mengatakan beliau juga menyambut kedatangan jemaah haji Kabupaten Grobogan dengan rasa syukur dan haru, bahwa jemaah haji sudah pulang ke tanah air, dan bisa berkumpul dengan keluarga.  

“Terkait daftar tunggu jamaah haji di tahun 2018 ini sudah sampai pada tahun 2039. Dan semoga para calon jamaah haji yang baru daftar harus sabar menunggu keberangkatan ke tanah suci,”jelasnya.

Ali Ichwan juga memberikan laporan terkait dengan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji tahun 2018. Menurutnya, dari total seluruh jamaah haji yang berangkat tahun ini jumlah awal 893 jamaah dan jumlah yang dipulangkan ke tanah air total berjumlah 888 jamaah haji, karena ada yang gagal berangkat 5 orang karena sakit dan yang meninggal berjumlah 1 jamaah haji.

“bagi Jamaah Haji yang meninggal di tanah suci agar amal ibadah di terima disisinya dan keluarga yang di tinggalkan diberi ketabahan, semoga Ibadah haji yang dijalankan di ridhoi oleh Allah dan menjadi Haji yang Mabrur,” Pesannya.(bd)