895 calhaj Banyumas ikuti pembukaan manasik

Banyumas – “Manasik haji bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap calon haji mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar sesuai dengan arahan dan bimbingan tim pembimbing haji. Melalui manasik, para calon haji akan memperoleh pembekalan tentang tata laksana haji agar mampu mencapai haji mabrur dan kembali ke tanah air dengan selamat.” Hal tersebut disampaikan Kepala Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Banyumas Akhsin Aedi dalam laporan panitia penyelenggara kegiatan Bimbingan Manasik Massal I Calon Jamaah Haji Kabupaten Banyumas Tahun 1436 H / 2015 M, yang dilaksanakan Kamis (23/07) di Gedung IPHI Kabupaten Banyumas.

Kegiatan ini dihadiri seluruh Calhaj Kabupaten Banyumas tahun 2015 yang berjumlah 895 orang, Bupati Banyumas, Kepala Kankemenag Kabupaten Banyumas, perwakilan Bank penerima setoran haji, petugas haji TPHD/TKHD/TPHI/TPIHI/TKHI, perwakilan Dinas Kesehatan Banyumas, Pengurus IPHI Kab. Banyumas, dan Pengurus KBIH se Banyumas.

Untuk pemberangkatan Calhaj ke tanah suci tahun ini, Karesidenan Banyumas mendapat undian pertama se Jateng dan DIY. Kabupaten Banyumas sendiri urutan nomor 2 setelah Kabupaten Cilacap untuk karesidenan Banyumas. Calhaj Banyumas terbagi dalam 4 kloter yaitu kloter 3,4,5, dan 6. Petugas yang mendampingi jamaah calhaj terdiri dari : TKHI (tim kesehatan haji Indonesia) sebanyak 13 orang dengan rata-rata satu kloter 3 orang terdiri dari 1 dokter dan 2 paramedis; TPHI (tim pemandu haji Indonesia) atau ketua kloter 2 orang; TPIHI (tim pembimbing ibadah haji Indonesia) 2 orang; TPHD (tim pembimbing haji daerah) 6 orang; dan TKHD (tim kesehatan haji daerah) 6 orang.

Dalam sambutannya, Kepala Kankemenag Kabupaten Banyumas Bambang Sucipto menyampaikan bahwa “manasik tahun ini berbeda dengan pelaksanaan tahun lalu. Untuk manasik tingkat Kecamatan di KUA hanya diselenggarakan manasik sebanyak 4 kali, untuk tahun lalu sebanyak 7 kali. Manasik tingkat Kabupaten diselenggarakan sebanyak 2 kali. Hal ini dikarenakan pemerintah telah memperhitungkan dan yakin bahwa calhaj sudah mantap dan siap untuk penyelenggaraan haji tahun ini. Tidak lupa beliau memimpin Talbiyah yang diikuti segenap peserta.”

Acara pembukaan Bimbingan Manasik Massal I Calon Jamaah Haji Kabupaten Banyumas Tahun 1436 H / 2015 M dibuka secara resmi oleh Bupati Banyumas Ir. H. Ahmad Husein. Dalam amanatnya dalam bahasa campuran Indonesia dan bahasa Banyumas, Bupati mengucapkan selamat kepada calhaj Banyumas yang telah diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah haji tahun 1436 H. Beliau berharap agar semua Calhaj untuk bersungguh-sungguh mengikuti rangkaian kegiatan manasik haji dari awal hingga akhir.

“Calon haji termasuk orang yang terpilih, untuk itu harus menjadi haji yang kaffah atau mabrur yang benar-benar diniati dari ujung kaki sampai ujung rambut, seikhlas-ikhlasnya dan selalu sabar, insyallah sampai selesai nanti selamat semua sampai tanah air dalam kondisi yang dimuliakan oleh Allah dan menjadi cahayanya tanah Banyumas. Bapak ibu semua adalah aset pemerintah sekaligus aset masyarakat khususnya Banyumas.”ujar Husein.

Mengakhiri sambutannya, beliau berpesan kepada Calhaj agarmengikuti manasik yang diselenggarakan dan menjadikan bekal dalam pelaksanaannya nanti, sehingga dapat mencapai haji yang mabrur sekaligus bisa menularkan kemabrurannya nanti kepada lingkungan sekitar. Dari yang belum baik menjadi baik, lebih rendah hati, sabar, lembut dan halus, tidak mudah marah dan bisa memahami lingkungan. (hadi)