Jelang UNBK, Kemenag Pantau Simulasi Gladi Bersih UNBK 2018 di MTsN Purwantoro

Wonogiri – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Madrasah Tsanawiyah, Plt Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Sarwono beserta staf memantau pelaksanaan gladi bersih UNBK tahun 2018, Selasa (20/03)  di MTsN Purwantoro.

Kegiatan simulasi gladi bersih UNBK Tahun pelajaran 2017/2018  bertujuan untuk melakukan uji coba pelaksanakaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dengan menggunakan fasilitas ruang laboratorium Komputer, yang akan di laksanakan bulan April mendatang.

Kehadiran pejabat Kemenag Wonogiri tersebut untuk memastikan kesiapan MTsN Purwantoro dalam menghadapi event yang sangat penting tersebut, selain itu juga memberikan support dan semangat bagi tim pelaksana simulasi UNBK khususnya bagi seluruh peserta didik untuk menyukseskan acara tersebut.

Plt. Kasi Pendidikan Madrasah  berharap dengan gladi bersih simulasi ini peserta didik dapat memahami langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang harus mereka lakukan ketika menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang sesungguhnya, dan alhamdulillah sesuai pantauan dari Tim Kankemenag Wonogiri berjalan dengan tertib dan lancar.

Kasi Penmad juga menyampaikan agar para siswa tetap santai, jangan tegang susun strategi belajar yang efektif dirumah disamping kegiatan program sukses UN dan UAMBN yang telah dilaksanakan dimadrasah dalam bentuk les, driling soal, tryout dan training motivasi dan bentuk kegiatan lain yang mendukung.

Kepala Madrasah MTsN Purwantoro, Joko Supriyanto  mengatakan pelaksanaan simulasi tersebut bertujuan sebagai tahap persiapan dan pengenalan aplikas UNBK terhadap peserta didik. Sehingga diharapkan nantinya para peserta didik memahami teknis pelaksanaan UNBK dari awal hingga akhir.

Selain itu juga pelaksanaan simulasi bertujuan untuk mengecek kesiapan infrasruktur (komputer client dan server serta akses internet) dan SDM dalam hal ini proktor dan teknisi di madrasah.“Gladi bersih UNBK 2018 ini merupakan tahap ke 3 sebagai persiapan akhir menjelang pelaksanaan UNBK,” ungkapnya.

Menurutnya walaupun ada beberapa kendala yang terjadi di lapangan. Misalnya saja dalam proses sinkronisasi dan pengaturan komputer client. Alhamdulillah semua masalah ini bisa dihadapi dan diselesaikan berkat kerjasama dari semua dewan guru, staf, proktor dan teknisi MTsN Purwantoro dan beliau berharap agar semua saling membantu dan bekerja sama untuk mensukseskan pelaksanaan UNBK April mendatang.(Mursyid-Heri/Wul)