90 Guru Mapel IPS Ikuti Forum Ilmiah Guru 2018

Tegal – Dalam rangka meningkatkan kualitas para tenaga pendidik, sekitar 90 Guru Mapel IPS se Kota Tegal melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada Kamis (18/10) menggelar sebuah Forum Ilmiah Guru Tahun 2018, di MTsN Kota Tegal.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala MTs Negeri Kota Tegal, Drs. H. Saefudin saat membuka acara mengatakan, Peningkatan mutu pendidikan tidak hanya pada sebatas memberikan anggaran besar, tetapi maju atau tidaknya pendidikan tergantung dengan para guru. Jika para guru kita memiliki kualitas baik tentu akan banyak menghasilkan para siswa-siswi berprestasi.

Oleh karena itu, kepada para peserta dihimbau untuk dapat mengikuti kegiatan ini secara serius, disamping sebagai ajang silaturrahiem, juga forum ini dalam rangka meningkatkan ketrampilan dan prefisionalisme guru kedepan,” harapnya.

Sementara itu, menurut ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Agus Setiawan, pada kesempatan yang sama mengatakan, forum ilmiah sudah merupakan suatu kebutuhan, karena setiap masalah yang berkaitan dengan pendidikan harus dicari solusinya, yaitu melalui forum ini.

Maka dari itu, dalam suatu forum ilmiah selalu terdapat proses penyampaian informasi dan diskusi. Agar forum ilmiah dapat berjalan efektif dan lancar, maka diperlukan etika berforum ilmiah, khususnya dalam penggunaan bahasa Indonesia yang merupakan suatu media komunikasi utama.

Dengan demikian, masalah yang belum terpecahkanakan diproses melalui penyampaian informasi dan diskusi dalam rangka memperoleh satu pendapat, ”jelas Agus.

Dalam forum kali ini, akan dibahas mengenai Kisi-kisi soal PASI, juga pengenalan Koreksi LJK berbasis android, tambah Agus. (IM)