Penuhi Permintaan Takmir-Takmir Masjid, KUA Kecamatan Bawang Susun Naskah Khotbah Idul Fitri

Batang –¬†Sebagai upaya membantu para Khotib terutama Khotib khotbah hari raya Idul Fitri tahun 1442 H di masjid-masjid di wilayah Kec. Bawang, FKPAI Kec Bawang berusaha menyusun dan mencetak teks khutbah Iedul fitri bahasa jawa. Upaya penyusunan dan pencetakaanya dilakukan di KUA Kecamatan Bawang pada Senin, (10/05).

Kepala KUA Kecamatan Bawang H. Moh Romdhon dalam keterangannya mengatakan bahwa selama ini pihaknya selalu ditanyakan oleh para Takmir masjid, tentang teks khotbah terutama untuk solat Idul Fitri dan Idul Adha, atas dasar itu dia mengajak Penyuluh Agama Islam untuk berusaha penyediaan teks khutbah dengan bahasa jawa.

” Saya mengajak kepada para Penyuluh Agama Islam untuk menyusun teks khotbah Idul Fitri dengan bahasa Jawa sebanyak tiga judul yang dibagi dalam tiga kelompok, yaitu kelompok Niam, kelompok Supriyadi dan A. Rosyidin,” jelas H.Moh Romdhon .

Dia menambhkan bahwa Konsep khotbah agar sampai di KUA satu minggu setelah rapat koordinasi dan saya meminta kepada Penyuluh Fungsional untuk menjadi editor, sedangkan proses pencetakan naskah diserahkan pada Niam dengan harapan h-3 teks khutbah sudah bisa didistribusikan ke masjid masjid yang membutuhkan .

Koordinator Penyuluh Agama Islam kecamatan Bawang Nuruddin Junaedi dalam keterangannya mengatakan bahwa pihaknya bersama beberapa penyuluh yang diberi tugas sepakat untuk segera menyelesaikan naskah itu  karena Idul Fitri sudah menghitung hari saja.

” Tugas yang yang diberikan oleh Kepala KUA adalah tugas mulia karena kita sedang menyediakan kebaikan untuk orang lain, oleh karena itu mari laksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya agar ilmu yang kita sebarkan menjadi ilmu yang bermanfaat,” tegas Nuruddin Junaedi .

Dia menambahkan bahwa proses penyusunan konsep teks khutbah yang dilakukan oleh masing masing kelompok selesai dalam waktu satu minggu, kemudian proses editing juga kita beri waktu satu minggu dan akhirnya proses pencetakan dan pendistribusian dilakukan oleh seluruh Penyuluh juga.

Teks khutbah bahasa jawa yang berjumlah tiga judul itu antara lain (1) Sabar lan Muhasabah ing ndalem Ngadepi musibah (2) Dinten riyoyo Iedul fitri, dinten ingkang penuh barokah lan hikmah (3) Amalan amalan ingkang di lestantunaken. ( Nuruddin/Zy)