973 siswa MI ikuti Ujian Madrasah

Rembang – Sebanyak 973 peserta didik MI berjibaku dengan soal-soal dalam Ujian Madrasah yang digelar mulai Senin (15/5) hingga Rabu (17/5). Ujian ini merupakan rangkaian terakhir ujian tingkat nasional yang diselenggarakan  madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama.

Meskipun istilahnya tak lagi UN, namun persiapan yang dilakukan oleh para peserta didik di setiap satuan pendidikan begitu matang. Banyak madrasah yang menggelar try out, bahkan hingga enam kali. Seperti yang dilakukan oleh MTsN Sale.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Rembang, Jasim mengatakan, 973 tersebut berasal dari 43 MI negeri maupun  swasta. “Masing-masing madrasah sebelumnya telah beberapa kali menggelar try out, baik secara mandiri maupun bersama-sama dengan KKM MI,” kata jasim.

Sementara di MIN Sale, sebelumnya diadakan try out hingga enam kali. “Persiapan kami lakukan dengan pemberian pendalaman materi UM di luar jam pembelajaran dan try out, baik try out tingkat madrasah, kecamatan, dan Kabupaten. Hasilnya alhamdulillah baik dan semoga akan berdampak pada hasil UM yang baik pula,” ujar Sya’dullah.

Di MIN Sedan, UM berjalan lancar dan tertib. Kepala MIN Sedan, Badrudin  mengatakan, ujian akhir adalah ujian yang harus diselesaikan oleh para peserta didik untuk menyelesaikan pendidikannya di Madrasah Ibtidaiyah. “Kami berharap, siswa bisa menyelesaikan ujian dengan baik dan memuaskan sesuai dengan harapan orangtua, guru dan peserta didik itu sendiri,” ujarnya.

Badrudin menambahkan, setelah kurang lebih enam tahun mereka mengenyam pendidikan di satuan pendidikannya masing-masing, inilah saatnya ujian bagi mereka untuk menentukan keberhasilan mereka. “Usaha dan kerja keras yang telah mereka lakukan dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh pendidik yang mereka terima akan dibuktikan hasilnya pada hari ini,” sambungnya. – (afq/sf/ss/bd)