Sebanyak 1.692 Siswa Ikuti KSM Tingkat Provinsi, Jateng Siap Maju ke Kancah Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad didampingi Bupati Kab. Demak Esti’anah resmi membuka ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2024 Tingkat Provinsi, bertempat di Pendopo Kab. Demak pada Kamis, (01/08/2024).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong bersama Kabid Penmad Kanwil Kemenag Prov. Jateng Faridi dan Kankemenag Kab. Demak Afif Mundzir.

Kakanwil berharap agar ajang kompetisi ini akan memotivasi siswa di Jateng agar mampu bersaing hingga Tingkat Nasional.

“Salah satu sebagai tolak ukur pada kualitas siswa, salah satunya dengan mengikuti perlombaan, diantaranya adalah KSM. Semoga bisa menghasilkan bibit unggul yang mampu bersaing di kancah nasional. Insya Allah Jateng bisa mempertahankan juara,” kata Kakanwil.

Sebanyak 1.692 siswa baik dari Madrasah maupun Sekolah turut serta dalam KSM kali ini, terdiri dari Tingkat MI/SD sejumlah 699 peserta, MTs/SMP sejumlah 496 peserta dan MA/SMA sejumlah 497 peserta yang tersebar 35 Kab/kota se – Jateng.

Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi dilaksanakan serentak secara nasional dengan menggunakan sistem Tes Berbasis Komputer (CBT) terdiri dari 3 sesi. s
Sesi 1 bagi MA, sesi 2 bagi MTs, dan sesi 3 bagi MI/ dengan durasi persesi 120 menit.

Tim juri ditetapkan oleh Komite KSM Nasional dan penjurian dilakukan oleh Tim Juri dari Kemenag RI. Pengumuman kejuaraan KSM Tingkat Provinsi pada tanggal 9 Agustus 2024 secara daring melalui website ksm.kemenag.go.id.

Peserta yang berhak mengikuti babak selanjutnya ke tingkat Nasional (Final) adalah 10 peserta dengan peringkat terbaik nasional dan 1 peserta dengan peringkat terbaik dari masing-masing provinsi baik kategori individual maupun beregu, yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 s.d 7 September 2024 secara tatap muka. (D/bel)