Ade Faturrohman Terpilih Duta Lingkungan Berbakat Jawa Tengah

Cilacap – Pemilihan Duta Lingkungan Kabupaten Cilacap dan Jawa Tengah 2019 berlangsung Jumat-Sabtu (22-23/03). Setelah melakukan serangkaian seleksi yang ketat selama dua hari, akhirnya Ade Faturrohman terpilih sebagai Duta Lingkungan Berbakat. Hari pertama merupakan unjuk kemampuan akademis yang dilaksanakan di SMA Muhamadiyah Cilacap. Hari kedua dilakukan kegiatan unjuk kostum daur ulang dan wawancara yang dilaksanakan di Fave Hotel Cilacap.

Acara yang digagas oleh Sanggar Priambodo, didukung oleh Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup serta Dinas P dan K Kabupaten Cilacap, diikuti sekitar 70 peserta dari jenjang TK, SD, SMP sampai dengan perguruan tinggi. Sepanjang keikutsertaannnya, MAN 1 Cilacap telah berpartisipasi dua kali. Tahun yang lalu Rizkya Yulinatus Syifaul Hikmah berhasil menyabet gelar Duta Lingkungan Smart Tingkat Kabupaten Cilacap.

Tahun ini Madrasah Aliyah Negeri Cilacap menyertakan dua wakilnya yaitu Ade Faturrohman  siswa kelas X- IPA 1 dan Maesyarotun Sabrina siswa kelas X-IPA 5. Mereka mengusung kostum yang dirancang dari karung goni bekas menjadi pakaian yang gagah dan anggun.

Pada penampilan puncak, setiap peserta diberi pertanyaan seputar lingkungan, sampah dan cara menanggulanginya. Dari seluruh peserta dipilihlah dalam beberapa kategori, yakni kategori kostum, smart, berbakat dan favorit.

Mengulangi prestasi tahun lalu dengan perjuangan yang gigih penuh dan percaya diri, akhirnya Ade Faturrohman terpilih sebagai Duta Lingkungan Berbakat Tingkat Jawa Tengah 2019 dengan menyisihkan lawan-lawannya dari yang notabene berasal dari SMA. Madrasah Aliyah Negeri 1 Cilacap seperti tahun lalu, juga satu-satunya wakil yang berasal dari madrasah.

“Merupakan kebahagiaan bagi kami bisa mengulang prestasi tahun lalu dengan menyabet Duta Lingkungan Smart dan tahun ini sebagai Duta Lingkungan Berbakat dengan jenjang lebih tinggi,” timpal Sutiasno selaku Wakamad Bidang Kesiswaan.

Keberhasilan ini juga merupakan kerja keras tim dalam bimbingan Umi Sa’diyah dan Yusfi Setiati, mendapat apresiasi dari Kepala Madrasah.

“Selamat buat Nanda Ade Faturrohman dan juga Bapak Ibu guru yang telah membimbing dengan kerja keras. Good Job,” ujar Suratno. (Agus eS/gt)