AGPAI Pati Gelar Rapat Pembentukan Pengurus Baru

Pati – Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi dewasa ini yang semakin pesat yang akan membawa tantangan tersendiri terhadap fenomena kehidupan beragama dan menuntut GPAI untuk dapat berperan dalam menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan berbagai kemajuan juga tantangan zaman yang dihadapinya.

Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Kabupaten Pati melakukan rapat antara pengurus baru terkait dengan persiapan pelantikan bersama Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, bertempat di aula Kantor Kementerian Agama, Jum’at (5/4/2019).

Rapat yang dihadiri 30 orang pengurus ini berembuk untuk merumuskan waktu pelaksanaan pelantikan yang direncanakan sebelum ramadhan serta anggaran yang akan dipakai pada kegiatan yang akan menghadirkan seluruh guru PAI se-Kabupaten Pati.

Selama ini kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam perlu terhimpun dalam wadah organisasi Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPD-AGPAII).

Kasi Pendidikan Agama Islam,  Umi Istianah dalam rapat tersebut menghimbau kepada guru-guru PAI melalui organisasi AGPAI tersebut memperkuat silaturahim dan kerjasama sesama guru pendidikan agama Islam se-Kabupaten Pati.

Dalam sambutannya, Umi mengatakan bahwa untuk meningkatkan kualitas guru dalam membina dan membentuk karakter anak didik, guru harus memiliki kualifikasi pendidikan minimal S.1 dan memiliki sertifikat sertifikasi untuk bisa dikatakan sebagai guru yang professional

“Tidak semua guru agama itu adalah guru pengangkatan Kementerian Agama, tapi semuanya itu dibina dan tunjangan sertifikasinya dibayarkan oleh Kementerian Agama.  Oleh karena itu diharapkan dengan adanya organisasi ini bisa dijadikan wadah untuk mempermudah komunikasi dengan guru-guru Agama, termasuk untuk mengkoordinasikan penempatan dan pemerataan guru agama Islam di sekolah-sekolah terpencil,” ujarnya.

Setelah melalui beberapa pertimbangan dan tahap pemilihan, Subhan, M.Pd.I terpilih sebagai ketua baru Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) dan merupakan pengawas Pendidikan Agama Islam pada Kantor Kemenag Kabupaten Pati. (A/wul)