Akhirusannah Virtual MTsN Surakarta 1 Manfaatkan Media Sosial

Surakarta- MTsN Surakarta 1 menggelar wisuda virtual pada Senin (07/06/2021) bertempat di aula gedung 1 melalui aplikasi zoom dan live youtube. “Akhirusannah digelar secara virtual karena kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Kegiatan ini hanya diikuti 39 siswa perwakilan dari tiap kelas dan 39 wali murid yang mendampingi. Tiap kelas hanya diwakili 3 siswa yaitu peringkat 1, 2, dan 3 berdasarkan nilai Ujian Madrasah. Di MTsN Surakarta 1 ada 11 kelas paralalel untuk kelas 9 jadi ada 33 siswa ditambah 4 kelas yang memiliki 2 siswa dengan nilai yang sama sehingga ada 37 siswa. Selain peringkat 3 terbaik, akhirusannah virtual ini juga menghadirkan 2 siswa yang diundang ke madrasah karena memiliki prestasi pengumpul medali terbanyak di bidang akademik dan non akademik,” jelas Edi Hartanto, Waka Kesiswaan sekaligus Ketua Panitia.

Kegiatan berjalan khidmat dan lancar dari pukul 08.00 sampai dengan 10.15. Siswa yang tidak diundang ke madrasah mengikuti kegiatan ini di platform zoom dan live Youtube. “Terima kasih kami ucapkan pada semua pihak yang telah memberikan dukungan, ikhtiar, dan doa sehingga MTsN Surakarta 1 berhasil menorehkan prestasi yang luar biasa. Terima kasih pada bapak ibu guru dan pegawai yang telah bekerja sama dengan baik sehingga bisa membawa madrasah kita semakin hebat bermartabat. Alhamdulillah, keberhasilan siswa MTsN Surakarta 1 bisa dilihat dari perolehan medali di berbagai lomba dan olimpiade. Selain itu, bisa dilihat dari diterimanya siswa kita di madrasah atau sekolah lanjutan favorit. Ada 1 siswa yang sudah diterima di MAN IC Serpong, 1 siswa di MAN IC Pekalongan. 16 siswa di MAPK 1 Surakarta, 1 siswa di SMA Taruna, 1 siswa di SMA Pradita Dirgantara. Dengan diterimanya siswa kita di sekolah lanjutan favorit dengan seleksi nasional maka MTsN Surakarta 1 dinobatkan sebagai ‘Madrasah Terbaik peringkat 7 Nasional versi Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Tahun 2020-2021’ oleh Direktur KSKK,” papar Kirno Suwanto dalam sambutannya.  

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta, Pengawas Madrasah,  Ketua Komite Madrasah, dan bapak ibu guru wali kelas 9 serta panitia. Selama kegiatan berlangsung tamu undangan  dan siswa tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak selama acara berlangsung. Kankemenag kota Surakarta menyampaikan rasa syukur dan bangga karena capaian prestasi MTsN Surakarta 1 yang membanggakan. Beliau juga berpesan kepada siswa kelas 9 MTsN Surakarta 1 untuk tetap menjaga nama baik madrasah dan mengingat jasa bapak ibu guru yang telah mengajar dan mendidik mereka. “Kemajuan peradaban manusia hanya dapat diraih dengan 2 hal yakni iman dan ilmu. Dua hal tersebut dapat mengantarkan manusia pada keberhasilan dunia dan akhirat,” pesan Hidayat Maskur, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta.

“Alhamdulillah, saya merasa bersyukur pernah menjadi bagian dari MTsN Surakarta 1. Terima kasih bapak ibu guru karena telah memberikan bimbingan kepada saya sehingga dapat meraih prestasi yang membanggakan,” ucap Rivaldo, pengumpul medali terbanyak bidang akademik. “Saya sangat senang dapat membanggakan MTsN Surakarta, orang tua, dan pelatih. Mohon doanya semoga saya bisa menjadi atlit yang tangguh. Untuk mengumpulkan medali tingkat nasional dan Asia perlu perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa. Saya harus merelakan waktu bermain dan istirahat untuk terus berlatih,” tutur Naura Yumna, pengumpul medali non kademik terbanyak. (Diana/Duwi)