Bentuk Karakter, MAN 2 Kebumen Gelar Training Motivasi

Kebumen – MAN 2 Kebumen mengadakan training motivasi dalam rangka pembinaan karakter peserta didik dan santri asrama, Rabu (28/2) di GOR Gembira Kebumen. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pembina, Pengurus dan Santri Asrama Manda ini diikuti oleh peserta didik kelas X MAN 2 Kebumen. Sekitar 500 warga MAN 2 Kebumen mengikuti kegiatan tersebut. Bersamaan di tempat lain, peserta didik kelas XII sedang menyelenggarakan kegiatan simulasi UAMBNBK sedangkan kelas XI sedang mengikuti training dan sosialisasi yang diadakan oleh Ganesha Operation.

Kegiatan diawali ketika para santri asrama menampilkan hadroh dan profil asrama melalui video. Dan membuka kegiatan Kepala Madrasah  Wachid Adib  menyampaikan pesan, "ikuti seluruh rangkaian kegiatan sehingga kalian bisa memahami materi narasumber," ucap Wachid.

Kegiatan yang bertema Sudah Bijakkah Aku dengan Gadgetku ini, bertujuan untuk membangun pola pikir yang benar dalam memanfaatkan gadget dan memahami untung dan rugi dalam memakainya. “Secara khusus, kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kegiatan asrama MAN 2 Kebumen dan menampilkan kreativitas para santri MAN 2 Kebumen,” ujarnya.

Suasana semakin menarik saat Santri MANDA menampilkan kemampuan hafalan kitab dan pertunjukan drama berbahasa Inggris. Penampilan drama para santri berkisah tentang Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso dalam bentuk parodi. Penampilan tersebut berhasil membuat penonton tertawa dan terhibur. “Penampilan mereka sangat menghibur, lucu,” katanya.

Narasumber dalam kegiatan tersebut diisi oleh Hendri Unduh Nurmawan  untuk memberikan motivasi dan pemahaman terhadap penggunaan gadget secara positif dan bijak. Kegiatan ini terbagi dalam beberapa sesi selama 2 jam. Dimulai dengan perkenalan, selanjutnya trainer memainkan brain-games diiringi lagu dan gerak tubuh. Sesi berikutnya adalah penyampaian materi. Materi yang disampaikan adalah keyakinan dan kepercayaan diri, karakter diri, potensi diri dan transfer energi positif. Training ditutup dengan relaksasi dan renungan/muhasabah.(rmpratama/pt/rf)