Akhirussanah MAN Cilacap Diisi Pagelaran Busana Karya Siswa

Cilacap – Untuk menunjukan kemampuan ketrampilan siswa, akhirussanah MAN Cilacap menggelar peragaan busana yang menampilkan batik hasil karya para siswa jurusan IPS kelas XII. Karya batik yang ditampilkannya pun cukup banyak yakni mencapai dua belas.

Kegiatan pelepasan siswa pada madrasah biasa diistilahkan dengan akhirussanah atau akhir yang baik. Istilah tersebut sangat sesuai dengan konsep pendidikan madrasah. Di mana dalam agama Islam segala sesuatu akan dinilai baik atau tidaknya terletak di fase akhir.

Karenanya, akhirussanah pada madrasah memiliki makna tersendiri dalam melengkapi proses pendidikan bagi para siswa. Seperti kegiatan akhirussanah yang digelar di Man Cilacap, Kamis (27/4).

Unjuk kebolehan kemampuan siswa di depan para orang tua atau wali merupakan metode untuk memberikan semangat dan dorongan bahwa mereka bisa berkarya dan berkualitas.

Kegiatan tersebut memberikan pesan untuk selalu meninggalkan yang terbaik. Peragaan busana yang sederhana namun indah dimaksudkan agar di manapun para siswa berada kelak yang teringat adalah keindahan dan kebaikan. Hal inilah yang menjadi esensi akan pentingnya makna akhirussanah sebagai budaya saling mengingatkan hal-hal yang baik.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Jamun dalam sambutannya  mengatakan bahwa akhirussanah merupakan kesempatan terakhir madrasah untuk memberikan bekal peserta didiknya. Harapannya, kemanapun dan di manapun mereka berada kelak, maka yang akan diingat adalah kebaikannya. Sehingga kebaikan akan selalu bertebaran di mana-mana. Hal inilah yang menurutnya merupakan salah satu metode menjadikan ilmu yang bermanfaat.

Terkait perkembangan dikatakan juga bahwa, MAN sekarang sudah banyak peningkatan bahkan secara fasilitas lebih baik. Tahun ini sebanyak 62% madrasah telah melakukan UNBK yang dijamin kejujurannya. Harapannya diikuti prestasi-prestasi untuk lebih baik seperti kemarin MAN Cilacap juga telah mendapatkan “Special Award” dari LIPI”.

Sementara itu, Kepala madrasah, Muhadin menyampaikan terima kasih kepada orang tua atau wali siswa yang telah bekerjasama baik dengan madrasah. Disampaikan pula bahwa dari MAN Cilacap terdapat tujuh siswa berhasil masuk perguruan tinggi negeri melalui SNMPTN.  Lima siswa masuk UNY, satu siswa masuk, UNSRI dan satu lainnya masuk UNNES.(Agus/On/bd)