AKSIOMA Maksimalkan Kecerdasan Anak

Kebumen – Pelepasan balon oleh Kasi Pendidikan Madrasah yang mewakili Kepala Kankemenag Kabupaten Kebumen menjadi pembuka Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah ( AKSIOMA ) Madrasah Ibtidaiyah tingkat Kabupaten Kebumen kemarin (Selasa, 12/3) di halaman MIN 1 Kebumen.

Gelaran tahunan yang dilaksanakan selama dua hari kedepan tersebut diikuti oleh 14 KKM (Kelompok Kerja Madrasah) MI se-Kabupaten Kebumen. Materi yang dilombakan terbagi menjadi dua bidang, seni dan olahraga, bidang seni terdiri dari 9 kategori dan bidang olahraga terdiri 8 kategori.

HA Nasihudin selaku Kasi Penma Kemenag Kebumen menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan AKSIOMA tahun ini. Menurutnya pelaksanaan kegiatan harus ada tolok ukur supaya termotivasi, salah satunya dengan AKSIOMA. “Kegiatan harus ada tolok ukurnya agar termotivasi,” ucapnya. Hal ini berdasarkan kegiatan AKSIOMA yang tiap tahun diselenggarakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten sampai tingkat Provinsi.

“AKSIOMA merupakan media yang tepat untuk mengembangkan potensi kemanusiaan yang ada pada peserta didik,” katanya. Dengan berolahraga dan berkesenian motivasi untuk selalu meraih prestasi selalu ada pada diri manusia, terlebih jika seni dikaitkan dengan agama. “Beragama dengan seni menjadikan prinsip beragama semakin moderat, sehingga beribadah tidak merasa tertekan,” imbuhnya.

Mengambil tema membangun sikap sportif, kreatif, profesional dalam mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat ini menurut Nasihudin juga akan memaksimalkan kecerdasan anak bangsa.(pt/Wul)