AKSIOMA, Tingkatkan Mutu dan Daya Saing Madrasah

Kebumen – Ajang Kompetensi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) tingkat Kabupaten Kebumen kembali digelar, selasa (14/2). Berbagai cabang olahraga dan seni diperlombakan, diantaranya futsal, tenis meja, bulu tangkis, MTQ, kaligrafi, madrasah singer, hadrah. Tempat pelaksanaan AKSIOMA tahun  ini adalah MAN Kebumen 1.

Dawamudin selaku ketua penyelenggara yang juga Kepala MAN Kebumen 1, dalam laporannya menjelaskan bahwa ajang AKSIOMA merupakan kegiatan yang mendukung kebugaran dan kesehatan siswa Madrasah yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2009 dan harus dipertahanakan. “AKSIOMA tahun ini, cabang olah raga dan seni yang dilombakan ditambah, hal ini untuk membuka peluang sebesar-besarnya bagi potensi siswa Madrasah agar dapat mengembangkan minat dan bakatnya serta menumbuh kembangkan kreatifitas mereka,” paparnya.

Dia juga menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini selain sebagai acang silaturahmi antar sesama siswa madrasah, juga sebagai ajang mencari siswa berprestasi dalam bidang Olahraga dan Seni, guna menghadapi Aksioma tingkat provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan AKSIOMA tingkat Kabupaten Kebumen diikuti oleh 147 peserta yang merupakan utusan dari Madrasah Tingkat MI, MTs dan MA se-Kabupaten Kebumen. Adapun Pelaksanaan kegiatan AKSIOMA direncanakan selama 2 hari yaitu tanggal 14-15 Februari 2017. Menurut keterangan dari salah satu panitia, kegiatan AKSIOMA di Kabupaten Kebumen termasuk yang pertama penyelenggaraannya di Propinsi Jawa Tengah, mengingat jadwal regulernya akan dilaksanakan sekitar bulan Mei atau Juni.

Hadir membuka kegiatan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Farhani, didampingi Kepala Kankemenag Kab. Kebumen, Kasubbag TU,  Kasi Pendidikan Madrasah, Kepala Madrasah dan Pengawas Madrasah Kab. Kebumen. Pelepasan balon udara menandai pelaksanaan AKSIOMA Tingkat MI, MTs dan MI Se-Kabupaten Kebumen secara resmi dibuka oleh Kakanwil.

Farhani menyebutkan bahwa dalam 5 tahun terakhir Madrasah mengalami kemajuan yang signifikan, hal ini di tandai dengan meningkatnya pendaftar Peserta Didik Baru tiap tahunnya. Oleh karena itu untuk meningkatkan mutu dan daya saing pendidikan Madrasah, penyelenggaraan OKSIOMA ini sangatlah tepat dan perlu dipertahankan. Melalui AKSIOMA diharapkan dapat membangun citra Madrasah, mengembangkan potensi dan kreatifitas siswa, memberikan kesempatan dan penghargaan bagi siswa berprestasi, menumbuhkan watak jujur dan perpandangan terbuka, membangun jiwa yang sportif, menumbuhkan rasa percaya diri, serta menumbuhkan rasa kebersamaan antar siswa.(jk/th/Af)