Al Quran Diturunkan Allah SWT sebagai Pedoman Hidup Setiap Muslim

Temanggung – “Al-Quran diturunkan Allah SWT sebagai pedoman hidup setiap muslim. Oleh karena itu, Al-Quran harus senantiasa dibaca, dipelajari, difahami maknanya dan dijadikan dasar dalam kehidupan sehari-hari.” Pernyataan yang disampaikan Nur Makhsun, pengawas Madrasah Pringsurat dalam kegiatan peringatan Nuzulul Quran, yang bertempat di masjid Jami’ Almujahidin, Pingit Pringsurat. Sabtu (2/6).

Nur Makhsun juga berharap agar para siswa Madrasah Ibtidaiyah untuk setiap hari selalu membaca Al-Quran agar selalu diberi hidayah oleh Allah dan ilmu yang bermanfaat. Lebih lanjut dikatakan kegiatan tersebut dimaksudkan agar anak-anak semakin terbiasa membaca kitab suci umat muslim tersebut secara fasih sejak usia dini.

“Agar seluruh Al-Quran yang berisi 30 juz bisa terbaca semua, setiap anak kami berikan kewajiban untuk membaca meski hanya beberapa halaman,” jelasnya.

Pihaknya berharap melalui program kegiatan keagamaan semacam ini, para pelajar tak hanya fasih dalam membaca kita suci, namun juga dapat mengamalkan ajaran sarat moral yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, lanjut dia, di masa mendatang akan terbentuk generasi penerus bangsa yang memiliki kualitas serta identitas diri dengan dasar ajaran agama yang baik dan benar.

“Kami ingin mereka menjadi generasi Islam yang Qur’ani yang memiliki akhlaqul karimah,” harapnya.

Sementara itu Ahmad Jalil selaku ketua KKM MI menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara rutin tiap tahun dan bergilir merata ke seluruh MI di Kecamatan Pringsurat. Kegiatan ini diawali dengan mengkhatamkan Al-Quran 30 juz yang dibagi kepada setiap peserta baik guru dan siswa yang hadir.

Dalam kesempatan itu juga diisi taushiyah oleh KH. Khamim dari Pingit, beliau menyampaikan bahwa surga itu merindukan orang yang mau membaca Al-Quran, bershodaqoh dan yang melaksanakan puasa ramadan dengan baik. Setiap muslim wajib untuk mengamalkan Al-Quran yang diturunkan untuk memberi petunjuk dan pedoman bagi setiap muslim.

“Jika kita berpedoman pada kitab suci Al-Quran, khususnya bagi pemeluk agama Islam, insya Allah diberikan jalan yang terang ke depan,” pungkasnya. (nm-sr/sua)