Siswa MTsN 4 Rembang Boyong 3 Medali pada Popda Jateng

Rembang — Susilo Aji Saputro, siswa kelas VIII MTs N 4 Rembang, baru saja mengharumkan nama Kabupaten Rembang dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat SMP/MTs tingkat provinsi Jawa Tengah tahun 2019 pada cabang senam lantai.

Pelaksanaan lomba digelar di GOR Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada Selasa-Rabu (19-20/3/2019). Aji mendapatkan dua medali, yaitu juara II senam kategori alat (tunggl), juara II senam kategori alat ( beregu), dan juara III kategori serba bisa lantai (tunggal).

Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengapresiasi dan bersyukur atas raihan prestasi tersebut. ” Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi untuk siswa yang lain dalam mengukir prestasi tak hanya di tingkat Kabupaten, bahkan provinsi hingga nasional, ” kata Masrum.

Prestasi yang didapat bukan tanpa perjuangan. Aji berlatih keras dalam sanggar senam di SD Jatihadi – Sumber dengan bimbingan Suparno (pelatih nasional senam/guru Pjok SD) dan Wahyu Wicaksono (Guru Pjok MTs N 4 Rembang).

“Latihan dilakukan rutin tiap hari, yang dilaksanakan mulai pukul 15.30-17.00 Wib,” ucap Wahyu.

Bermodal tekad dan semangat tinggi serta kerja keras, ia membuktikan bahwa anak Desa mampu bersaing dengan yang lain, meskipun sarana dan prasarana serba terbatas.
Aji mengenal senam sejak usia 8 tahun yaitu kelas 2 SD. Sejak itu, Aji sudah  mengikuti lomba POPDA tingkatan SD di semarang dan mendapatkan juara I. Kemudian pada tahun 2016 mewakili provinsi Jawa Tengah pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan mendapatkan juara 4 tingkat nasional yang diselenggarakan di Kota Makassar- Sulawesi Selatan untuk kategori senam lantai.

“Sederetan prestasi yang saya dapatkan adalah berkat dukungan penuh dari kedua orang tua. Selain itu, keinginan sendiri yang kuat adalah sumber motivasi,” ungkap Aji.
Aji yang bercita-cita ingin menjadi polisi ini mempunyai pelajaran favorit yaitu Olah Raga dan Bahasa Inggris. Meski segudang prestasi yang ia raih, tapi tetap saja giat berlatih. (dwi-iq/gt)