Ameliasari raih Juara 1 Speech Contest pada DINUSFEST 2015

Semarang Kamis, 8 Januari 2015, diselenggarakan Speech Contest untuk guru SMA/MA/SMK non lulusan Bahasa Inggris di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Tahapan lomba adalah mengumpulkan text pidato dengan tema Culture Cultivation on 2013 Curriculum Implementation, sub tema yang diambil ibu guru 3 anak ini adalah Creative Teaching and Learning. Kamis, 8 Januari 2015, speech contest diselenggarakan mulai pukul 08:00 pagi, dengan tiga orang juri, dua orang dosen Fakultas Ilmu Budaya Udinus, dan seorang Native Speaker.

Ameliasari adalah guru Ekonomi/Akuntansi MAN Salatiga, Isi Pidato Ameliasari adalah mengenai metode yang digunakannya saat mengajar kelas peminatan X MIA 2 yaitu My Money Trip dan My Financial Planning. My money trip adalah metode sederhana untuk mengajak peserta didik menabung, uang tabungannya sendiri berasal dari uang saku mereka setiap hari, mereka harus mampu mengatur uangnya, menyisihkan uang saku terlebih dahulu sebelum dibelanjakan dan kemudian menabungnya di Bank. “daripada hanya mengajar teori Uang dan Bank, saya ingin melibatkan siswa untuk mengatur uangnya sendiri dan menyimpannya di Bank,” ungkap Amelia.

Metode kedua, My Financial Planning, disini Ameliasari mencoba mengaitkan materi Otoritas Jasa Keuangan dengan mengajak siswa merencanakan masa depannya dengan terinci dan jelas. Masih berkaitan dengan aktivitas menabung, di My Financial Planning, siswa diajak untuk memikirkan apa yang dilakukan dengan tabungannya, macam investasi, macam bisnis yang dilakukan, hingga kapan mereka akan pensiun, dalam arti sudah tidak lagi mencari uang, tetapi double the money atau bagaimana mereka menginvestasikan uang mereka, semuanya digambarkan dalam grafik.

Dua metode diatas membuat siswa lebih memahami materi yang diajarkan, membuat siswa melihat kenyataan dilapangan, mengalami sendiri dan terinspirasi denan apa yang mereka pelajari, mempermudah siswa memahami materi yang harus mereka pelajari. “hal ini lebih worth it daripada sekedar membaca textbook dan duduk di dalam kelas” ungkap Amelia lagi.

Isi dan penampilan pidato Ameliasari ini membuat juri memutuskannya sebagai juara 1 Speech Contest Guru SMA/MA/SMK non lulusan Bahasa Inggris se Jateng/DIY. Kepala Madrasah Aliyah Negeri Salatiga, Drs. H. Sudar, M.Ag, sangat bangga dengan hasil yang diraih guru binaannya, beliau berharap hal ini dapat menginspirasi teman guru yang lain dan peserta didik MAN Salatiga pada umumnya. (AML)