Kakankemenag Beri Motivasi Peserta KSM

Semarang – Kontingen Kota Semarang pada kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Jawa Tengah mendapat pembekalan dan motivasi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Selasa (23/05) di Ruang Rapat. Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus sebagai pelepasan menjelang keberangkatan peserta pada KSM tingkat provinsi Jateng. Selain peserta KSM juga diikuti oleh pendamping guru dan official dari seksi Pendidikan Madrasah. Hadir pula Kasubbag Tata Usaha Labib dan Kasi Pendidikan Madrasah Azhar Wibowo.

Kasi Pendidikan Madrasah melaporkan bahwa kontingen yang akan berlaga di MAN 1 Magelang tanggal 23 sd 24 sejumlah 11 siswa. Semuanya merupakan peraih juara I pada ajang yang sama tingkat Kota Semarang yang dilaksanakan sebelumnya. Peserta akan mengikuti lomba pada jenjang MI (2 siswa), MTs (3 siswa) dan MA (7 siswa). Azhar memohon do’a dan restu Kakankemenag beserta semua jajaran ASN semoga kontingen yang dipimpinnya dapat membawa hasil juara.

Dari semua jenjang tidak hanya diwakili oleh siswa madrasah negeri tetapi madrasah swasta juga ikut andil pada setiap cabang lomba. Pada jenjang MI, dengan peserta Aisyah Adnia (MI Darul Ulum, matematika) dan Annisa Nurhidayati (MIN Sumurrejo, IPA). Untuk tingkat MTs, Salman Abdurrohman (MTs Baitussalam, matematika), Eva Catur Herawati (MTs Al Asror, Biologi) dan Fauziah Kusumaningrum (MTsN 1, Fisika). Sedangkan MA dengan peserta Lana Kamilatul Vida (MAN 1, matematika),  Hanifatur Royani (MA Al Ishlah, biologi), Fatimah (MAN 1, fisika), Ali Wahyudi (MAN 1, kimia), Nurlina Maghfiroh (MAN 2, ekonomi) dan  Rizal Aji Arrasyid (MA Ashabul Kahfi, geografi).

Kakankemenag Muh Habib menyampaikan bahwa peserta yang dikirim pada KSM tingkat provinsi adalah anak yang hebat dan merupakan siswa pilihan karena mempunyai prestasi. “Berlombalah secara maksimal, kita semua mendo’akan semoga Kota Semarang berhasil memperoleh kemenangan,” harapnya. Selebihnya Habib berpesan untuk menjaga nama baik almamater madrasah masing- masing, nama Kementerian Agama dan membawa nama Kota Semarang.

“Harus percaya diri dan Jangan minder!,” tegasnya. “Yakinlah bahwa kalian mempunyai kemampuan lebih,” lanjutnya. Do’a dengan bacaan fatihah dipimpin langsung oleh Kepala kantor. Acara pelepasan diakhiri dengan bersalaman kepada Kakankemenag dan pejabat yang hadir sebagai tanda pamitan dan mohon do’a restu.

Sementara itu Sekretaris Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah Kota Semarang Chambali yang ikut mendampingi kontingen Kota Semarang mengungkapan bahwa persiapan yang dilakukan untuk lomba ini, melaksanakan training centre meski dalam waktu singkat dengan pendamping dari Universitas Semarang. “Berusaha dan berdo’a agar meraih yang terbaik adalah kewajiban kita, selebihnya kita serahkan pada Yang Maha Kuasa,” ujarnya.(ch/gt)