Ananda Ais Kls X IPS MAN Pekalongan Juara 2 lari Kajen 10 Km

Kab. Pekalongan- Sebanyak 1.843 peserta mengikuti Lari Kajen 10 Kilometer atau lebih dikenal Lari Kajen 10K yang digelar oleh Pemkab Pekalongan melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Kepariwisataan (Dinporapar) di Kajen, Minggu (4/11/2018).

Kegiatan dilepas langsung oleh Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si dan dihadiri oleh Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf. Muhammad Ridha, SS.S.IP, Forkompinda, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan H. Kholis Jazuli, Kepala Kemenag H. Kasiman Mahmud Desky, M.Ag, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Ali Riza, M.Si dan para Kepala OPD Kabupaten Pekalongan, perwakilan PDAM, BPR BKK, Bank Jateng.

Sebelum melepas peserta, Bupati dalam sambutannya menyampaikan harapannya khususnya bagi para atlet Kabupaten Pekalongan semoga bisa menjadi atlet Kabupaten Pekalongan. Karena, menurut Bupati saat ini apabila atlet menang dan mendapatkan medali emas seperti pada Porprov yang lalu, hadiahnya sudah lumayan besar yakni Rp 100 juta per emas.

“Kabupaten Pekalongan saat ini sedang giat-giatnya membangun olahraga. Pada Porprov tahun lalu kita ranking 31 dari 35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah dan pada Porprov tahun 2018 ini kita berada di rangking 28. Lumayan naik. Insya Allah Porprov ke depan, Kabupaten Pekalongan ini minimal bisa mencapai 20 besar, dengan bonus Rp 100 juta untuk medali emas,” ujar Bupati.

Sementara itu Kepala Dinporapar Ir. M. Bambang Irianto, M.Si dalam laporannya menyampaikan maksud diselenggarakannya Lari Kajen 10K adalah untuk memasyarakatkan olahraga, dan untuk mencari bibit atlet lari di Kabupaten Pekalongan. Disamping itu juga untuk mempersiapkan atlet Kabupaten Pekalongan untuk menghadapi event-event yang lebih tinggi.

Masih menurut Bambang, jumlah peserta keseluruhannya sebanyak 1.843 orang, terdiri dari peserta putri sebanyak 575 orang, dan 1.268 peserta putra. Kegiatan ini dibagi dalam dua kategori yakni kategori umum untuk se eks Karesidenan Pekalongan dan kategori pelajar untuk Kabupaten Pekalongan yang terdiri dari pelajar SMP sederajat dan SMA sederajat. Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp 20 juta.

Keluar sebagai tingkat SMA/MA sederajatd putri diraih oleh ananda Ais klas X IPS MAN Pkl juara 2 lari 10 Km, prestasi tersebut sangat membagakan keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan terutama kalangan Madrasah.

Menurut H. Kasiman Mahmud Desky, Kakankemenag Kab.Pekalongan usai menyaksikan acara tersebut mengatakan, pihaknya merasa bangga karena salah satu peraih juara adalah dari madrasah/MAN Pekalongan, menurunya lari Kajen 10K kali ini untuk dijadikan pemanasan dan ujicoba sekaligus menjaring atlet-atlet terbaik dan jadikan sarana untuk bersilaturahmi, berolahraga bersama karena negara yang kuat adalah negara yang sumber daya manusianya juga sehat, kuat, cerdas dan bermartabat.

“Oleh karena itu saya berterima kasih kepada Dinporapar Kabupaten Pekalongan yang telah menyelenggarakan event ini. Kemudian juga kepada para siswa madrasah yang turut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini.,” tuturnya. (hfrn/rf)