Antisipasi Gelombang Pandemi, Musta’in Ajak Jajarannya Perkuat Prokes


Semarang (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad mengajak seluruh jajarannya memperkuat protokol kesehatan (Prokes) pada acara-acara peringatan hari besar agama (PHBA) sebagai langkah mengantisipasi gelombang pandemi.
“Prokes harus dijaga dengan baik dalam pelaksanaan PHBA, baik pada peringatan Maulid Nabi yang masih berlangsung, dan PHBA mendatang seperti hari raya Galungan, Natal, dan Tahun Baru,” ungkap Musta’in pada rapat koordinasi yang digelar secara virtual melalui zoom meeting Rabu (20/10).
“Saya minta kepada seluruh ASN Kemenag Jawa Tengah Prokes benar-benar ditaati, terapkan 5 M 1 D, dan untuk mengingatkan masyarakat tempuh cara yang paling efektif di lapangan. Angka covid yang melandai jangan membuat kita lalai,” imbuhnya.
Rapat virtual ini diikuti oleh Kabag TU, para Pejabat Eselon 3 pada Kanwil Kemenag Prov. Jateng, para Kabid dan Pembimas, para Kepala Kankemenag Kab/Ko, para Kepala Sub Bagian dan Sub Koordinator Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov. Jateng, para Kepala Sub Bagian TU dan Kepala Seksi pada Kankemenag Kab/Ko, Ketua Pokjaluh dan Ketua Apri Prov. Jateng
Musta’in berharap pertemuan kali ini produktif, selain menekankan kepatuhan Prokes pada PHBA, juga menyampaikan terkait tujuan rapat untuk menyamakan visi dan persepsi terkait langkah-langkah dalam pelaksanaan tugas dalam waktu dekat sampai dengan akhir tahun mulai dari rangkaian peringatan hari santri, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional, dan percepatan serapan anggaran.
Pada rangkaian peringatan hari santri tingkat Provinsi Jawa Tengah akan dilaksanakan Jateng Bershalawat malam ini, tanggal 21 Oktober 2021 di Balekambang Jepara dan pada Upacara peringatan hari santri tanggal 22 Oktober 2021 masih di tempat yang sama, kemudian dilanjutkan dengan pemberian bantuan kepada Pondok Pesantren secara simbolis oleh Gubernur serta vaksinasi.
Dalam ketentuannya pelaksanaan upacara peringatan hari santri yang terpusat di Kemenag RI, namun daerah juga dapat melaksanakan atau mengikuti sesuai kebijakan daerah masing-masing.
“Kemenag Provinsi Jawa Tengah mengikuti kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengikuti upacara yang diawali dengan Jateng Bershalawat di Balekamba Jepara. Sesuai undangan saya akan hadir secara luring dengan Kepala Kankemenag Kab. Jepara, sementara para Kepala Kankemenag yang lainnya mengikuti melalui daring,” jelas Musta’in.
Lebih lanjut Musta’in mengingatkan untuk semua untuk turut menggerakkan publikasi rangkaian peringatan hari santri baik melalui media sosial juga website.
Kesiapan pelaksanaan KSM tingkat nasional juga tak luput dari perhatian Musta’in, dari hasil laporan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, A. Saifulloh akan ada upacara ceremony pembukaan KSM nasional secara daring oleh Gus Menteri pada tanggal 23 Oktober 2021. Kakanwil dengan Kakankemenag Kota Pelakalongan akan mengikuti dari MAN IC Pekalongan sementara para Kakankemenag Kab/Ko dan Kasi Penma Kab/Ko mengikuti dari tempat masing-masing.
Musta’in juga menegaskan untuk dapat mempercepat serapan anggaran, bagaimana kita mengejar target serapan anggaran nasional. Pelaksanaa Dipa yang masih ada kendala untuk segera intensif melakukan koordinasi dengan pihak yang terlibat seperti Subbag Perencaan Data dan Informasi. Untuk mengawal ketuntasan SBSN akan diagendakan rapat khusus dikemudian hari.
Diakhir sambutannya kakanwil mengingatkan kebijakan-kebijakan hasil rapat ini untuk segera disampaiakan kepada stakeholder. (qq)