Antisipasi Kendala yang Terjadi, Pelaksanaan UAMBN-BK Berjalan Baik dan Lancar

Klaten – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Anif Solikhin, melakukan kegiatan monitoring penyelenggaraan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Madrasah Tsanawiyah (MTs), tahun pelajaran 2018/2019 di MTsN 7 Klaten, dimulai secara serentak tanggal 20-22 Maret 2019.

Saat meninjau pelaksanaan ujian, Anif Solikhin mengatakan bahwa, kegiatan monitoring ini untuk meninjau proses pelaksanaan UAMBN MTs, Kamis (21/3). Pelaksanaan ujian di MTsN 7 Klaten dilaksanakan dengan sistem komputerisasi, yaitu UAMBN BK (Berbasis Komputer).

“Kami kesini memastikan apakah pelaksanaan sesuai dengan aturan yang berlaku serta meninjau bagaimana kesiapan panitia sehingga ujian dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang mengganggu kegiatan dan konsentrasi siswa peserta ujian,” kata Anif.

Lebih lanjut, Kakankemenang menyampaikan, ada beberapa kekhawatiran yang sempat menjadi kendala, mulai dari listrik, server, serta kekurangan komputer maupun kesiapan para murid untuk pelaksanaannya. “Alhamdulillah, sampai saat ini, semuanya dapat berjalan baik dan lancar, sesuai yang diharapkan dan panitia juga sudah menyiapkan genset,” terangnya.

Ia berharap semua siswa MTs yang sedang mengikuti UAMBN-BK diberikan kesehatan dan kemudahan, agar dapat mengikuti ujian dengan baik hingga hari terakhir dan mendapatkan nilai yang memuaskan serta mampu bersaing dengan sekolah-sekolah umum lainnya.

Anif Solikhin dihadapan siswa dan guru-guru berpesan. “Dalam melaksanakan ujian harus fokus dan teliti, baik nama, nomor ujian serta soalnya dibaca baik-baik sebelum menentukan pilihan,” ungkapnya.

Selain itu Kakankemenag mengapresiasi proses pelaksanaan UAMBN-BK dibeberapa madrasah yang di monitoring. Kemenag juga memberikan penghargaan yang setinggi tingginya atas upaya dan usaha semua pihak termasuk pihak madrasah yang bahu membahu berkontribusi baik tenaga dan pikiran dalam  rangka menyukseskan pelaksanaan UAMBN-BK tahun ini.

Sementara itu, ketua panitia ujian Sri Maryati, yang merupakan salah satu kepala madrasah yang dimonitoring mengatakan, pihaknya telah berusaha secara maksimal untuk menyukseskan pelaksaanaan UAMBN-BK tingkat MTs yang dipimpinnya.(nh-aj/sua).