Lomba Calistung, Latih Kemampuan Dasar Siswa

Salatiga — Guna mengukur keberhasilan proses pendidikan khususnya di tingkat MI baik negeri maupun swasta se kota Salatiga, lomba calistung (membaca, menulis dan berhitung) dinilai sebagai salah satu upaya stategis, relevan dan efektif untuk membuktikan keberhasilan proses belajar guru dan siswa di kelas.

Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah mengadakan Lomba Calistung ini pada Kamis (16/03) di MI Ma’arif Pulutan dengan peserta sebanyak 350 siswa, terdiri atas kelas I, II, dan III. Kegiatan diadakan bersamaan dengan lomba KSM, Olah Raga dan Seni  yang diikuti oleh siswa kelas 1 – 5.

Lomba dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kota Salatiga, Wuryadi. Dalam sambutannya, Wuryadi menjelaskan, lomba ini untuk mengukur keberhasilan pembelajaran di kelas terutama dalam pembelajaran membaca, menulis dan berhitung yang merupakan kemampuan dasar dan harus dikuasai setiap siswa Madrasah Ibtidaiyah. “Lomba ini juga untuk menumbuhkan budaya belajar, kreativitas dan budaya sportivitas siswa,” kata Wuryadi,

Ketua Panitia Lomba, Khurur Rozad menjelaskan, lomba tahunan ini diikuti oleh 350 siswa dari 13 MI se-Kota Salatiga. ”Lomba ini diadakan di semester   genap,  pesertanya  dari  kelas 1 sampai kelas 5. Jumlah terhitung sangat banyak dan antusiasnya luar biasa,” kata Khurur.

Pada lomba ini, peserta harus mengikuti beberapa tahapan lomba seperti tes tulis, tes membaca, pemahaman, menyalin dan mendikte huruf tegak bersambung dan membaca.

Lomba dimulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Lomba dihadiri oleh Kepala Kelurahan Pulutan, Rois Syuriah PCNU, Ketua PCNU Salatiga, Pengawas  Madrasah dan Pengawas SD selaku penyusun naskah soal calistung. 

Disaat jeda setelah acara pembukaan, siswa MI Maarif Pulutan menampilkan marching band sebagai hiburan. Semua yang hadir sangat menikmati penampilan marching band tersebut.

Lomba memperebutkan juara I, II dan III. Masing-masing juara mendapatkan penghargaan dari panitia berupa piagam dan piala, serta memperebutkan juara umum yang akan memperoleh piala bergilir dari kepala Kantor Kementerian Agama kota Salatiga. Keluar sebagai juara Umum yaitu MI Maarif Pulutan. (KK/gt)