Antusiasme Peserta KKG Banjarnegara 0003 Ikuti Program PKB

Banjarnegara – Di hari kedua program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Purwanegara, peserta Kelompok Kerja Guru (KKG) Banjarnegara 0003 antusias mengikuti rangkaian kegiatan, Sabtu (23/10). Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 tersebut dilaksanakan di MI Ma’arif Kalipelus. Program ini sendiri sudah dimulai sejak hari Jum’at (22/10) dan akan berakhir hari Sabtu (30/10). Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 peserta KKG Banjarnegara 0003 yang semuanya merupakan guru Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Purwanegara.

Dalam kegiatan ini, Erny Fatmawati selaku fasilitator Daerah menularkan ilmunya yang didapatkan saat mengikuti Pelatihan Fasilitator Daerah (PFD) beberapa minggu lalu. Di antara ilmu yang ditularkannya kepada peserta ialah penjelasan mengenai literasi dan media pembelajaran big book.

“literasi adalah kemampuan seperangkat bahasa dalam membaca, menulis, berhitung, memahami dalam proses pembelajaran,” jelasnya.

Selain itu, fasilitator handal dari MI Muhammadiyyah Merden 1 tersebut juga menerangkan mengenai media pembelajaran big book. “big book adalah suatu media gambar besar yang ada tulisannya atau petunjuk gambar, digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) khususnya di kelas rendah yaitu  kelas 1, 2 dan 3 dengan tujuan meningkatkan ketertarikan siswa sehingga proses KBM berjalan lebih efektif,” terangnya.

Selama kegiatan berlangsung, peserta tampak antusias menyimak materi yang disampaikan oleh Fasilitator dan mengikuti berbagai praktek dalam kelompok kecil. Marwan, salah satu peserta kegiatan mengungkapkan antusiasnya selama kegiatan.

“Saya menikmati acara ini karena selain menambah pengalaman, wawasan, dan ilmu baru, juga dapat meningkatkan skil dan kreatifitas yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas,” ungkapnya.

Dia juga mengharapkan akan ada program-program lain, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terkait dengan pengembangan atau peningkatan keprofesian guru Madrasah Ibtidaiyah. (sp/es/ak/rf)