Asmaul Husna Sebagai Ikhtiar Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Tegal (Slawi)-Sebagai upaca mencetak generasi islam yang berwawasan religius yang salah satunya memahami sifat-sifat Allah SWT, MTs Negeri 2 Tegal menerapkan bacaan Asmaul Husna yang dilantunkan setiap hari Jumat sebelum bel jam pertama pelajaran. Hal itu disampaikan Sekhudin selaku koordinator keagamaan ditemui di ruang kerjanya, Jumat (30/11).

“Karena sudah tertera dalam Alquran dan Hadits, bahwa Allah SWT menjanjikan makhluknya yang bisa menghafal asmaul husna akan dibukakan pintu surga selebar-lebarnya.” ungkap Sekhudin yang juga seorang guru Akidah Akhlak ini.

Dengan pembacaan Asmaul Husna sesering mungkin, diharapkan peserta didik dapat mengenal dan memahami makna dari Asmaul Husna secara sempurna.

“Selain pembacaan ayat suci Alquran setiap pagi sebelum bel, untuk melengkapi, khusus setiap Jumat kami isi dengan pembacaan Asmaul Husna. Sama dengan pembacaan Alquran, Asmaul Husna ini juga dipimpin oleh guru dari sumber suara di ruang TU, dan para siswa mengikutinya dari ruang kelas masing-masing.” tambahnya.

Kembali dijelaskan olehnya, pada usia memasuki masa remaja, merupakan masa-masa yang sangat dinamis dan seringkali menimbulkan masalah. Sehingga dari pembacaan Asmaul Husna ini diharapkan dapat meningkatkan sikap spiritualnya dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta dapat diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Sekali lagi, diharapkan dari pembacaan Asmaul husna ini, dapat meningkatkan sikap spiritual siswa dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, agar mereka berhasil dalam perkembangan sosial, agama, maupun sifat pribadi siswa tersebut.” tutupnya.

Untuk diketahui, Pembiasaan dini membaca Asmaul Husna rutin dilaksanakan di MTs Negeri 2 Tegal setiap Jumat pagi, 15 menit sebelum jam pertama dimulai pukul 07.00 WIB. Artinya, pukul 06.45 seluruh peserta didik dan guru yang mengampu jam pertama sudah hadir di kelasnya masing-masing untuk membaca Asmaul Husna bersama-sama hingga bel jam pertama berbunyi. (akb/rf)