Ikuti Parenting, Ortu Siswa Min 2 Sukoharjo Menata Hati Dampingi Anak Saat Pandemi

Sukoharjo -Tidak dapat dielakkan bahwa rasa jenuh mulai menghampiri hampir semua orang tua yang putra-putrinya masih duduk di bangku sekolah. Pandemi yang telah berlangsung selama tiga semester ini memaksa orang tua untuk berperan menjadi guru di rumah. Untuk meminimal kebosanan, MIN 2 Sukoharjo membuka kesempatan dan memfasilitasi orang tua siswa dalam sebuah kegiatan webinar parenting.

Webinar diselenggarakan secara spesial untuk orang tua siswa MIN 2 Sukoharjo yang berjumlah 1.208 siswa. Webinar bertema “Menata Hati Dalam Dampingi Anak Saat Pandemi” tersebut dilaksanakan secara daring memanfaatkan platform zoom meetings. (28/08/2021)

“Kami sengaja memilih tema yang sesuai dengan kondisi saat ini. Dimana orang tua semakin gelisah karena pandemi belum berakhir dan pembelajaran masih dilaksanakan secara daring. Sebelumnya kami konsultasikan terlebih dahulu dengan psikolog yang akan mengisi acara parenting terkait permasalahan yang dihadapi Sebagian besar orang tua. Muncullah tema tersebut.” jelas Riza Iskandar Zulkarnain, S.Psi., M.Ag., Konsultan Psikologi MIN 2 Sukoharjo.

Riza juga menambahkan bahwa psikolog yang akan mengisi webinar parenting merupakan Direktur Psikologi Anava Surakarta, Maya Safitri, S.Pd., Psikolog., CH., C.Ht. dimana MIN 2 Sukoharjo telah menjalin kerjasama dalam berbagai kegiatan.

“Kegiatan parenting rutin dilaksanakan setiap tahun. Namun baru pertama kali ini dilaksanakan secara daring dengan melibatkan seluruh orang tua siswa mulai kelas 1 sampai 6 dalam satu kegiatan.” lanjut Riza.

Dalam sambutannya, Wiretno, Kepala MIN 2 Sukoharjo menyampaikan bahwa pola asuh pada masa sekarang jauh berbeda dengan masa dimana sebagian besar orang tua dibesarkan. Sehingga orang tua perlu untuk terus belajar dan membuka wawasan terkait pengasuhan anak.

“Perlu disadari bersama bahwa belajar itu sepanjang masa. Karena ilmu dan tehnologi terus berkembang. Jaman terus berubah. Orang tua dan orang dewasa harus terus belajar. Tidak seperti jaman kita dulu yang tontonannya Si Unyil. Sekarang jamannya Doraemon. Imajinasi anak tinggi. Pergaulan anak juga luas karena dunia maya yang tidak terbatas. Maka orang tua dan orang dewasa perlu mendampingi secara tepat. InsyaaAllah tidak ada kata terlambat selama ada tekad. Semoga webinar memberikan banyak manfaat.” ulas Wiretno.

Maya Safitri, dalam paparannya menyampaikan materi secara runtut. Dimulai dari berbagai permasalahan yang dihadapi orang tua terutama pada masa pandemi. Safitri juga memberikan Langkah-langkah jitu untuk menyelesaikan permaslahan-permasalahan tersebut. Di akhir paparan, untuk mengubah perilaku anak, orang tua diajari melakukan Hypnosleep pada putra-putri mereka.

“Orang tua sangat antusias. Bahkan ada beberapa yang minta rekaman kegiatan dishare di youtube agar bisa menyaksikan ulang. Meskipun belum 100% orang tua siswa hadir bergabung karena beberapa kendala, alhamdulillah secara umum kegiatan berjalan lancar. Semoga ke depan lebih baik.” harap Wiretno. (wrt/djp/rf)