ASN Kemenag Agar Berikan Contoh Hidup Sederhana

Mungkid – Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang Mad Sabitul Wafa, mengajak ASN untuk menerapkan perilaku hidup sederhana dan bersahaja, menghindari pola hidup konsumtif, serta tidak harus bermewah-mewah. Ajakan tersebut disampaikan pada Apel Pagi, Jumat, (27/04) di halaman Kantor Kemenag.

Wafa mengingatkan kepada semua ASN untuk menjaga lembaga Kementerian Agama yang telah dibangun oleh para pendahulu dengan penuh keteladanan. ASN wajib menjaga warisan luhur tersebut dengan akhlak yang luhur, baik bicara dan tingkah lakunya, sehingga kepercayaan masyarakat berjalan dengan baik.

“Lembaga ini dibangun ada karena para pendahulu. Agar dapat dijaga dengan baik termasuk akhlak para ASN-nya, bicaranya, dan tingkah lakunya harus baik,” kata Wafa.

Wafa mengajak ASN Kemenag untuk mengembangkan hidup sederhana agar bisa menjadi contoh bagi ASN lainnya. Dengan pola hidup sederhana, menurut Wafa akan menuntun ASN untuk mengingat bahwa jabatan bukan segala-galanya. Semua akan berakhir, dan nanti semua tidak akan ada gunanya kecuali ketakwaan.

“Kita harus meninggalkan yang baik, tahu posisi tahu tentang diri kita. Yang ditanya bukan jabatan tapi ketaqwaan. Mari mencoba santun dan bijak, karena kita dipotret oleh Kementerian lain sebagai kementerian yang diperhitungkan,” pesannya.

Selain hidup sederhana, Wafa juga mengajak ASN memahami perbedaan itu indah dan tidak perlu dibesarkan untuk menjadi penghambat bagi kemajuan lembaga. Sebagai satu keluarga Kementerian Agama, hendaknya setiap ASN tidak mencari kekurangan orang lain tetapi menutupi dan memahami perbedaan adalah untuk mengeratkan.

Dengan hidup sederhana, santun, dan bijak, maka ASN Kemenag akan menjadi contoh bagi diri dan lingkungannya. Terkait profesionalisme, ASN akan dibiasakan untuk dapat bekerja dimanapun ia ditempatkan. “Penataan belum selesai akan terus dikembangkan. ASN akan dibiasakan profesional, ditempatkan di mana pun dalam rangka menciptakan profesionalisme,” katanya. (am).