ASN Kemenag Didorong Segera Mendaftar Haji

Mungkid – Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Kab. Magelang Hanif Hanani, mengajak dan mendorong agar seluruh ASN Kemenag segera mendaftarkan haji. Hanif berpendapat bahwa kesejahteraan yang diterima ASN Kemenag saat ini sangat cukup untuk mendaftar haji.

Ajakan tersebut disampaikan Hanif pada Apel pagi di halaman Kantor Kemenag, Kamis, (22/02). Apel pagi diikuti oleh seluruh jajaran pejabat, Pengawas Pendidikan, dan JFU di lingkungan Sekretariat.

“Kami sampaikan bahwa saat ini antrian pendaftaran haji sangat panjang sudah mencapai 21 tahun. Karena saat ini penghasilan ASN sudah cukup untuk mendaftar haji, maka marilah segera untuk mendaftarkan. Jika mendaftar hari ini, maka akan berangkat pada tahun 2039,” kata Hanif.

Hanif berpendapat bahwa menunaikan rukun Islam itu memang harus berurutan. Setelah menunaikan salat, puasa, kemudian menunaikan zakat melalui UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kemenag, maka sudah seyogyanya untuk segera menunaikan haji.

“Jika sudah mendaftar, maka perihal keberangkatan kita serahkan sepenuhnya kepada kuasa Allah Swt. Kita sudah berupaya untuk menunaikan ibadah tersebut,” lanjut Hanif.

Terkait dengan pelayanan haji pada Seksi PHU, Hanif menyampaikan bahwa di Kemenag Kab. Magelang sudah ada rintisan Layanan Satu Atap (One Stop Service). Melalui rintisan ini masyarakat Kabupaten Magelang yang ingin mendaftar haji tidak perlu ke bank untuk membayar setoran biaya haji, tetapi cukup datang ke Kantor Kemenag saja.

“Saat ini OSS belum kita launching. Rencananya nanti akan di-launching oleh Kakanwil menunnggu saat yang tepat, direncanakan setelah manasik haji yang pertama, mendekati pelunasan biaya haji,” katanya.

Meskipun baru rintisan, Hanif menyampaikan bahwa saat ini masyarakat cukup antusias memanfaatkan layanan ini. Dalam satu hari rata-rata ada 5 Calon Pendaftar yang membayar melalui Layanan Satu Atap.

Hanif mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak karena Rintisan Layanan Satu Atap sangat membantu pelayanan kepada masyarakat dalam hal pendaftaran ibadah haji.

Hanif menyampaikan bahwa pada tahun 2018 ini Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Magelang sebanyak 1.100 orang. Untuk paspor saat ini sudah selesai 797 orang, 150 orang diinventarisir sudah mempunya paspor, 3 orang belum selesai, dan sisanya sedang dipersiapkan pemasporannya. (am/bd)