Siswa Sehat Melahirkan Generasi Bangsa yang Kuat dan Berkarakter

Temanggung – Pelayanan kesehatan diperlukan untuk meningkatkan derajat kesehatan siswi maupun seluruh warga sekolah. Oleh karena itu kualitas pelayanan kesehatan sekolah harus ditingkatkan. Kegiatan pemeriksaan kesehatan berkala ini merupakan program UKS yang rutin dilakukan oleh Puskesmas Rejosari Kecamatan Pringsurat pada seluruh madrasah dan sekolah se-Kecamatan Pringsurat. Kegiatan ini diawali dengan pengiriman surat pemberitahuan pelaksanaan kegiatan UKS yang berupa pemeriksaan kesehatan secara berkala, dengan dilampiri jadwal pelaksanaan kegiatan pada tiap sekolah/madrasah. Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan berkala di MI Al Huda Karangwuni berlangsung pada hari Rabu, (31/10), dan dilakukan pada siswa kelas 2 s.d. kelas 5.

Widodo, salah satu petugas Puskesmas menjelaskan, bahwa petugas akan memeriksa tiap siswa perkelas. Sebelum pelaksanaan pemeriksaan, siswa diberi penyuluhan singkat tentang kesehatan.

“Adapun obyek pemeriksaan adalah telinga, gigi, kuku, mata, berat badan, tinggi badan (status gizi), pemeriksaan gondok (gaky), dan pemberian tablet Fe (penambah darah bagi remaja putri yang sudah mendapatkan menstruasi) untuk mencegah anemi pada remaja,” demikian ungkap Widodo.

Uswatun Khasanah, selaku Kepala Madrasah menyebutkan, bahwa pemeriksaan kesehatan berkala ini bertujuan untuk mendeteksi kesehatan secara berkala.

“Di samping itu, apabila terdapat gangguan kesehatan pada siswa dapat diketahui sejak dini dan segera ditindaklanjuti,” ujar Uswatun Khasanah.

Sebagai tindak lanjut, selesai pemeriksaan kesehatan, petugas Puskesmas memberikan rujukan kepada siswa yang terindikasi ada gangguan kesehatan, untuk lanjut periksa ke Puskesmas Rejosari agar mendapat perawatan dan pengobatan lebih lanjut.

Sementara itu, Nur Makhsun, selaku Pengawas Madrasah di Pringsurat menjelaskan, bahwa pelaksanaan pemeriksaan kesehatan berkala oleh Puskesmas Rejosari ini telah berlangsung rutin, sebagai salah satu wujud kerjasama (MOU) antara Puskesmas Rejosari dengan semua MI di wilayahnya, termasuk MI Al Huda Karangwuni, dengan harapan dapat terwujud siswa yang sehat sehingga melahirkan generasi bangsa yang kuat dan berkarakter.

“Semoga dengan adanya kerjasama ini dapat membuat keluarga besar madrasah menjadi lebih sehat,” ujar Nur Makhsun.(sr-nm/sua)