ASN Kemenag Kab. Temanggung Peringati Hari Kesaktian Pacasila Secara Virtual

Temanggung – ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung (Kasubbag TU, Kasi Penyelenggara, Pengawas dan Karyawan/wati Kemenag) mengikuti upacara  peringatan Hari Kesaktian Hari Pancasila melalui Live Streamimg pada Channel YoutubeTemanggung TV Official  yang dilaksanakan Aula Kantor Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Jum’at (1/10).

Pelaksanaan upacara ini sesuai dengan Surat Edaran Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Nomor SE 23  Tahun 2021 tanggal 28 September 2021 Tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021, dan Surat Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung Nomor : P/005/1641/IX/2021 tanggal 27 September 2021 perihal Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Secara terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir bertugas membaca do’a pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan di halaman Pendopo Jenar Setda Kabupaten Temanggung.

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun ini H. Ahmad Muhdzir mengucap syukur dalam masa pandemi Covid-19 masih dapat melaksanakan upacara walaupun secara virtual.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai bukti bahwa ideologi Pancasila tidak dapat tergantikan. Kemajemukan Indonesia diatur secara baik dalam nilai-nilai Pancasila. Semoga para pahlawan yang gugur diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” ungkapnya.

Bupati selaku Inspektur Upacara  mengatakan, dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, kita semua bertekad untuk menjadikan Kabupaten Temanggung betul-betul menjadi Kabupaten yang ber-Pancasila, bersatu, bersaudara satu dengan lainnya penuh kegotong-royongan. Kemudian juga ingin menjadikan Kabupaten Temanggung sebagai Kabupaten yang inklusif bagi semua kelompok masyarakat tanpa membedakan agama, golongan, suku, ras maupun pandangan politik. 

Secara tegas, Bupati mengajak semua elemen agar betul-betul mengamalkan Pancasila dalam kehidupan berpemerintahan, kehidupan bermasyarakat sehari-hari diseluruh wilayah Kabupaten Temanggung tercinta ini. Ia juga berpesan untuk generasi muda agar mau menggali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila. 

Menurut Bupati, ada nilai sejarah dari Pancasila terkait peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang kali ini bertemakan “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila”. Hal ini karena dahulu diawali dari peristiwa tragedi tahun 1965, yaitu pengkhianatan G30S/PKI. “Saya mengajak seluruh generasi muda agar ideologi bangsa Pancasila ini betul-betul dikuatkan di bawah naungan Tuhan Yang Maha Esa. Kalau kita perkuat agama, kita perkuat jiwa persatuan, saya yakin pengkhianatan seperti G30S/PKI tidak akan terjadi lagi di Indonesia, apalagi di Temanggung,” tandas Bupati.(sr/rf)