ASN MTs N 4 Rembang Terapkan Aplikasi Si EKA.

Rembang — Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN atau dikenal dengan sebutan (SIEKA) merupakan sistem aplikasi yang dipersiapkan untuk membuat laporan capaian kinerja harian (LCKH), laporan kerja harian (LKH) dan laporan kinerja bulanan (LKB) yang sifatnya paperless karena sudah diakomodir dalam si EKA.

Tujuan penerapan aplikasi SIEKA yaitu sebagai perangkat untuk mengukur kinerja pegawai, memonitoring pegawai, serta mengukur prestasi kerja ASN Kemenag,

Oleh karena itu, MTs N 4 Rembang (MTs N Sumber) mengadakan pelatihan pengisian si Eka. Pelatihan pengisian aplikasi si Eka dibimbing, dipandu oleh Waka Kurikulum, Yasrun, dan Sulastri di ruang laboratorium. Kegiatan ini diikuti oleh ASN MTsN 4 Sumber pada Senin (3/9/2018).

Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengatakan, aplikasi ini sangat penting untuk laporan kinerja ASN. Oleh karena itu, pihaknya meminta ASN untuk belajar dan terus belajar bersama-sama dalam  menjalankan/mengoperasikan aplikasi E-kinerja ini.

Yasrun megatakan, aplikasi si Eka intinya adalah merekam kegiatan guru tiap hari yang merupakan penjabaran dari SKP (Sasaran Kinerja Pegawai). Program tahunan diisi terlebih dahulu  lalu dijabarkan dari program bulanan, kemudian dilaksanakan dalam bentuk program harian.

“Nilai plus pada penggunaan aplikasi ini adalah kegiatan guru bisa terdokumentasi tiap hari, karena berbasis online. Kita tidak perlu lagi membuat catatan kertas laporan secara manual  karena sudah ada dalam sitem tersebu. Aplikasi ini bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun yang penting berbasis internet, dapat juga dikerjakan via hp android,” ujarnya.

Langkah –langkah dalam pengisian aplikasi si Eka antara lain:

  1. Buka portal si Eka
  2. Untuk baru yang pertama kali membuka, masukkan user dan password NIP dari ASN masing-masing.
  3. Melengkapi profil dan user
  4. Upload rencana tahunan berupa SKP dari ASN masing-masing (yang bersangkutan)
  5. Dari program tahunan di breakdown menjadi program bulanan, kemudian program bulanan dilakukan program harian. Mencetak hasil.  Dwi-iq/bd