ASSA EDU Competition 2021, MIN Kota Semarang Juara Umum

Semarang — Siswa MIN Kota Semarang menjadi Juara Umum ASSA EDU COMPETITION 2021 SDIT Assalamah Ungaran.  Kegiatan perlombaan ini diadakan pada Kamis 28 Oktober 2021 dalam rangka menyemarakkan bulan bahasa dan pekan literasi.  Perlombaannya antara lain Lomba Poster ( cara sehat penggunaan Ponsel), Lomba Video pendek (Prokes New Normal), Limba mengarang cerita anak ( Profil Pelajar Pancasila), Lomba Puisi dan Lomba Vlog aksiku.

Nadzib selaku Kepala Madrasah melakukan koordinasi bersama dewan guru dalam rapat bulanan. Sehingga melalui wali kelas peserta didik terbaik dipilih untuk mengikuti perlombaan. Pada kesempatan itu Diah Puspita Rini di berikan tugas sebagai koordinator lomba. Beliau berpesan kepada wali kelas untuk membimbing dan mengarahkan peserta didik dapat mengikuti semua perlombaan. “Sudah saatnya MIN Kota Semarang Juara di setiap perlombaan,” ujarnya.

Peserta lomba dari MIN Kota semarang antara lain Lomba Vlog Aksiku ( Ragil Ananda Kurnia Putri, Adninta Hilmi Kaffata, Kanaka Baruna Satu, Raditya Ahza Putra, Reyvant Rafa Faraja). Lomba Puisi ( Aliza Husna Nasywan Laksono, Adninta Hilmi Kaffata, Zeva Azka Nuna Amelia, Nikesha Adelia Latifah, Amanda Rizky Zyandra, Naila Rifdah, Kayla Fijry Aretha Fatin, Adelia An Nazwa, Almaliya Nur Zahra Putri, dan Arina Safira Rahmatika, Atika Khaufa Maulaya, dan Enggar Jati Murti. Lomba Poster( Ardhan Mahzum Zufari dan Alban Juniar Putra). Lomba mengarang cerita anak (Adninta Hilmi Kaffata, Ataya Najwa Kamila, Asifa Putri Nadira dan Celin Kirana Prastita).

Diah Puspita Rini selaku koordinator lomba mengasah kemampuan anak dengan mendampingi anak dalam melatih percaya diri.  Ia mengungkapkan  bekerjasama dengan Muhamad Rifqi Mahfudhi dan Surudin selaku tim youtube MIN kota semarang ikut andil pada pengambilan video peserta lomba puisi. “Pada perlombaan itu, semua kategori lomba mengirimkan video melalui mengunggah link yang tersimpan pada google drive,” ungkapnya.

Pada pengumuman kejuaraan di umumkan pemenangnya antara lain Ananda Ardhan juara 3 Lomba desain Poster dan cellin kirana larasati juara 2 Lomba mengarang . Adninta Hilmi Kaffata  yaitu  Juara 2 vlog aksiku,  Juara 2 lomba baca puisi, Juara 1 Lomba mengarang cerita anak.

Imam Baehaqie  ( Dosen Unnes) ayah dari Adninta Hilmi Kaffata   pada saat penjemputan di Madrasah menyungkapkan, sejak tahu ada informasi lomba, Adninta langsung tertarik untuk mengikuti lomba-lomba tersebut. Untuk lomba mengarang cerita, Adninta berbekal pada kebiasaan membaca buku-buku cerita. Untuk lomba baca puisi didukung oleh seringnya melihat kakaknya, yang berlatih membaca puisi. Adapun terkait dengan  lomba vlog, dia memang suka membuat vlog ketika di rumah, di sawah, di jalan, di tempat-tempat yang baru dia kenal, dan lain-lain. Pada intinya, dia bisa belajar di mana pun dan kapan pun. Alhamdulillah berkat bimbingan Ibu-Bapak Guru, Adninta makin tertarik dalam bidang literasi. Beliau punya harapan besar terhadap MIN Kota Semarang adalah agar MIN tetap terus memberikan motivasi kepada anak-anak untuk mengikuti lomba-lomba, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional dalam rangka menumbuhkembangkan bakat, minat, dan semangat belajar dan berprestasi anak-anak.ungkapnya

Di hari Sumpah pemuda ini Adninta Hilmi Kaffata  sebagai penyumbang piala terbanyak.  MIN Kota semarang sebagai peraih juara terbanyak sehingga dinyatakan sebagai Juara umum.  (fw/iq/bd)