Assestment Upaya Meningkatan Efektifitas Kinerja

Semarang  (Inmas ) – Promosi, rotasi dan mutasi  merupakan dinamika organisasi dan keniscayaan yang ada pada birokrasi pemerintahan.  Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Farhani melantik  11 Kepala Madrasah Ibtidaiyah siang ini di Aula Lantai 3 Gedung A Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Selasa (3/10/2017). Hadir juga pada pelantikan, sumpah jabatan dan serah terima beberapa pejabat Eselon III dan IV Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah , dengan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. A Saifulloh dan Kepala Bidang Urusan Agama Islam, Muh. Arifin sebagai saksi pelantikannya.

Pelantikan kali ini terasa istimewa, pasalnya baru kali ini Kepala Madrasah dilantik dan diambil sumpah jabatannya langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi.  Farhani menyampaikan bahwa pelantikan ini untuk pengisian kekosongan jabatan pada beberapa madrasah  yang merupakan konsekuensi  dari  Undang –undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Pelantikan Kepala MI ini merupakan hasil assestment, proses ini mutlak tidak bisa ditawar. Ketika proses assestment diumumkan, bagi siapa yang memenuhi syarat dapat mengikuti,” terang Farhani.

Kepala Madarasah hasil assestment ini  ada yang penempatan tugas barunya  tidak sesuai dengan domisili.  Hal ini karena pada waktu proses assestment, beberapa peserta assestment yang sesuai dengan asal satker yang kosong jabatannya tidak memenuhi  syarat ataupun lolos assestment, sehingga harus mengambil  personil yang lolos assestment dari daerah lain untuk mengisi kekosongan jabatan yang ada.

Assestment pada dasarnya mempunyai maksud untuk keperluan rotasi jabatan dan mengisi kekosongan jabatan.  Melalui  assetment harapannya dapat meningkatkan kinerja  dan efektivitas kinerja,” jelas Farhani

Berikut nama-nama Kepala Madrasah Ibtidaiyah  yang baru dilantik oleh Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah :

  1. Suyamto, S.Ag, M.Pd. I sebagai Kepala MIN Tinawas Kab. Boyolali;
  2. Dani Restiadji, S.Pd sebagai Kepala MIN Sucen Jurutengah Kab. Purworejo;
  3. Amirudin, S.Pd.I sebagai Kepala MIN Adiwerna Kab. Tegal;
  4. Dzakiyah, S.Ag sebagai Kepala MIN Bandar Kab. Batang;
  5. Kasno, S.Pd.I sebagai Kepala MIN Ringinanom Kab. Temanggung;
  6. Junaidi, S.Ag sebagai Kepala MIN Temanggung Kab. Temanggung;
  7. Agus Ahmad Zamroni, S.Ag sebagai Kepala MIN Nglungge Kab. Klaten;
  8. Samhudi, S.Pd sebagai Kepala MIN Kecandran Kota Salatiga;
  9. Muhajir, S.Ag, M.Pd sebagai Kepala MIN Bawu Kab. Jepara;
  10. MA Busaeri, S.Pd sebagai Kepala MIN Muktisari Kab. Kebumen;
  11. Nur Mukidin, M.Pd.I sebagai Kepala MIN Bugangin Kab. Kendal

“Saya minta untuk bekerja dengan semangat meski jauh dan berpisah dengan keluarga, “ pinta Farhani seraya menjelaskan bahwa tidak selamanya  pejabat akan bertugas ditempat itu terus.

Farhani juga berpesan pada pasangan dari Kepala Madrasah yang baru dilantik untuk dapat memberikan dukungan dan semangatnya karena mengingat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan merupakan hal yang sakral.(Wul/Wul)