Karya Guru MTsN Kebumen 1 Lolos Tingkat Nasional

Kebumen – Prestasi membanggakan kembali diraih guru MTsN Kebumen 1, Suyitman. Seperti halnya tahun lalu, ia terpilih sebagai peserta Teacher Supercamp-Guru Menulis Anti-Korupsi yang diselenggarakan KPK. Kali ini buku karangannya  terpilih dalam Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada sayembara yang digelar dalam rangka Gerakan Literasi Nasional 2017, guru Akidah Akhlak kini mengirimkan naskah dengan judul “Cerpen dan Dongeng Minuman Nusantara.” Buku yang ditujukan untuk peserta didik kelas 4-6 SD/MI berisi 6 cerita pendek dan dongeng tentang minuman tradisional.

Saat ini anak-anak tumbuh dalam maraknya minuman instan yang dapat membahayakan kesehatannya. Mereka tidak mengenal kekayaan minuman nusantara yang bermanfaat. Untuk menarik minat baca anak, maka minuman tersebut dikemas dalam bentuk cerpen dan dongeng, bukan sekadar mengenalkan berbagai macam minuman.

Untuk bisa terpilih, Suyitman harus bersaing dengan para penulis dari berbagai kalangan yang ada di Indonesia. “Persaingan cukup ketat, karena peserta bukan hanya guru, tetapi para penggiat literasi yang berasal dari Sabang sampai Merauke,” kata Suyitman.

Peserta yang lolos diundang oleh Panitia dalam kegiatan pertemuan penulis bahan bacaan Gerakan Literasi Nasional Tahun 2017 di Jakarta 6-8 Juni 2017. Dalam pertemuan tersebut selain memperbaiki naskah sesuai arahan juri, juga dicanangkan gerakan literasi sebagai upaya meningkatkan minat baca siswa. Pertemuan kedua akan dilaksanakan pada bulan September 2017.(sy/pt/af)