Bakohumas Untuk Mendukung KIP

Salatiga — “Pada era keterbukaan informasi publik dewasa ini, humas dituntut memiliki kemampuan, ketrampilan serta berkomunikasi dengan baik dan benar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Pj. Sekretaris Daerah, Sri Wityowati saat membuka Sosialisasi Badan Koordinasi Kehumasan kota Salatiga Tahun 2017.

Pj. Sekretaris Daerah, Sri Wityowati, menjelaskan Badan Koordinasi Kehumasan  (Bakohumas) Kota Salatiga bisa meningkatkan peran humas dalam mendukung Implementasi UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Apalagi melihat tuntutan masyarakat akan informasi yang semakin komplek dan dilindungi peraturan perundang-undangan.

Maka kita harus memperdayakan lembaga kehumasan (Bakohumas) yang telah ada sampai tingkat Kabupaten/Kota dalam mengemban pengelolaan dan pelayanan informasi sekaligus mempublikasikan kinerja Pemerinah, ujarnya.

Sosialisasi Badan Koordinasi Kehumasan  (Bakohumas) diselenggarakan Sekretariat Daerah ( Setda ) Pemerintah kota Salatiga dengan mengambil tema “Peningkatan Peran Bakohumas Dalam Menghadapi Era Keterbukaan Informasi Publik” yang diikuti  kepala SKPD, Sekretaris SKPD, Sekretaris Kecamatan, Humas instansi vertikal; Humas BUMD, Humas Perguruan Tinggi, Humas pada Sekolah atau Madrasah dan  Humas perwakilan media penyiaran sebanyak 200 orang yang berlangsung di Ruang Kaloka Lt.4 Gedung Setda, Rabu (05/04) kemarin.

Menurut Sri Wityowati, Bakohumas sangat penting dan strategis dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang informasi. Oleh sebab itu anggota Bakohumas diharapkan memiliki kepekaan dalam merespon setiap perubahan yang terjadi baik secara kelembagaan fungsional maupun kemasyarakatan.

Harus diakui, kata dia, keberadaan aparat humas melekat dalam setiap instansi, Satker baik pusat maupun daerah. Namun Sri Wityowati melihat peranannya masih belum sinergi dan tekesan berjalan sendiri-sendiri dalam melaksanakan aktivitasnya.

Oleh karena itu, Sri Wityowati berharap melalui Bakohumas dapat tercipta koordinasi yang baik sehingga peran Bakohumas di kota Salatiga dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sosialisasi tersebut menghadirkan dua narasumber masing-masing DR. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin. dosen FISIP UNDIP Semarang dengan tema Peran Humas Pemerintah Di Era Media Sosial; Evi Sulistyorini Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah dengan tema Memperkuat Sinergitas Bakohumas Dalam Pengelolaan Komunikasi Publik. Tampak hadir Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Setda Salatiga, Anggota Forkompinda kota Salatiga, Kepala Kantor Kementerian Agama kota Salatiga dan Kepala SKPD se Kota salatiga. (KK/gt).