Bantara MAN 2 Tegal laksanakan PPL

Tegal (Slawi) – Pramuka Penegak Bantara MAN 2 Tegal melaksanakan kegiatan Praktek Penerjunan Langsung (PPL) di berbagai Pangkalan Penggalang SMP/MTs. Praktek Penerjunan Lapangan tidak hanya dilaksanakan di wilayah Kwartir Ranting Pagerbarang saja, melainkan di Kwartir Ranting lain seperti Songgom Brebes. Hal ini dilakukan sebagai salah satu Syarat Kecakapan Umum (SKU) menuju kenaikan tingkat Penegak Laksana. Jum’at (5/10)

PPL dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan, yaitu setiap hari Jum’at yang terhitung dari tanggal 5 0ktober 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 44 Penegak Bantara kelas 11 yang terbagi menjadi 5 sangga.

Kegiatan PPL itu sendiri, merupakan Progam kerja Ambalan Kalimasada MAN 2 Tegal. Selain itu diadakannnya kegiatan PPL bertujuan untuk memenuhi salah satu Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Laksana dan sebagai salah satu aspek penilaian bagi Penegak Laksana untuk mencari bibit-bibit unggul yang layak dijadikan sebagai Pengurus Harian Ambalan, serta untuk lebih menumbuhkan sosialisme dan mental para Penegak Bantara.

Ditemui selesai memberikan pembekalan Praktek Penerjunan Langsung (PPL) kepada Penegak Bantara M. Fendi Karyawan mengatakan “Sebenarnya pembekalan PPL telah dilakukan jauh hari sebelum kegiatan dilaksanakan, seperti pembekalan fisik, materi serta mental Penegak Bantara agar nantinya dapat membawa nama baik Ambalan, sehingga saya berharap Penegak Bantara juga dapat beradaptasi langsung dengan Pramuka Penggalang di pangkalan masing-masing.” Ungkapnya.

Sebagai Pradana (Ketua /red) Penegak Ambalan Kalimasada Fendi menambahkan “Selain itu saya berharap Penegak Bantara dapat mengambil kesempatan langka ini sebagai pengalaman bagi dirinya sendiri, serta dapat  membagi ilmu yang telah diperoleh kepada adik kelas setelah PPL.”. tambahnya.

Fendi juga menjelaskan, dalam kegiatan PPL ini Penegak Bantara harus lebih menyiapkan kesehatan fisik karena jarak tempuh tempat PPL yang lumayan jauh serta kondisi cuaca yang tidak menentu.

Ditemui di tempat PPL, salah seorang Penegak Bantara Windy Claudyatin dari sangga Penegas mengatakan “Saya baru pernah mengajar pramuka Penggalang dan merasakan suasana yang berbeda selama mengajar Pramuka Penegak dan Penggalang,” ungkapnya.

“Persiapan sudah kami lakukan dengan matang, namun masih saja ada rasa nervous yang datang. Seiring berjalannya waktu ternyata mereka tak sesulit yg kami bayangkan, adik-adik Pramuka Penggalang ternyata sangat seru dan dan kami berharap untuk PPL selanjutnya kami sudah mulai terbiasa dan dapat memberikan materi maupun permainan yang telah di ajarkan kakak Penegak Laksana dengan semaksimal mungkin dan tidak mengecewakan” jelasnya. (rindi/dhi/rf)