Barung MIN 1 Banyumas Juara Gelar Kreasi Budaya

Purwokerto – Barung merah putra dan barung hijau putri MIN 1 Banyumas berhasil meraih juara 2 Gelar Kreasi Budaya Pramuka Siaga tingkat Kwartir Ranting Purwokerto Timur yang dilaksanakan pada sabtu (27/10) kemarin di lapangan pelopor satria Purwokerto. Prestasi ini diraih setelah mereka mampu menampilkan tari ksatrian dan tari caping gunung dengan bagus. ” 10 anak siaga putra MIN 1 Banyumas tampil memukau di hadapan juri. Gerakannya mantap dan kompak. Memeragakan para ksatria pembela tanah air yang selalu siap sedia mempertahankan kemerdekaan”. ujar pembina siaga putra, Dadang Marseno.

Sementara itu, 10 anak siaga putri memeragakan anak desa yang sedang bermain di sawah, dengan mengenakan caping mereka bermain dengan riang dan gembira. ” Alhamdulillah, mereka tampil sangat baik dan memuaskan” kata Qoriatun Muzayinah, pembina siaga putri. Qori menambahkan meskipun barungnya belum menjadi juara pertama, yang terpenting adalah melatih keberanian anak serta memotivasi agar mereka terus berprestasi.

Kepala MIN 1 Banyumas, Saridin secara terpisah mengungkapkan bahwa prestasi di bidang kepramukaan di MIN 1 Banyumas sudah cukup baik. Persaingan antar gugus depan yang ada di kota Purwokerto ini sangat ketat. Semua ingin menjadi yang terbaik dan MIN 1 Banyumas tidak kalah dengan gugus depan yang lain. Lebih lanjut saridin berpesan agar anak-anak terus belajar dengan giat dan berprestasi. “Untuk menjadi anak yang hebat, maka anak-anak harus bisa melakukan sesuatu hal yang orang lain tidak bisa melakukan. Atau bahkan sulit melakukan. Latihan yang keras yang sudah dilakukan tiap hari sebelum lomba adalah hal yang mungkin sulit dilakukan oleh anak-anak lain. Dan prestasi ini merupakan bukti bahwa anak-anak adalah yang terhebat” ujar Saridin (ak/bd)