BAZNAS Canangkan Pekan Peduli Sosial Bagi Siswa Madrasah

Jepara – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kab. Jepara pada hari ini, Senin, tanggal 08 Oktober 2018 di MIN 2 JEPARA mengadakan Upacara Pencanangan Pekan Peduli Sosial (PPS) bagi siswa madrasah.hadir dalam Kegiatan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Jepara, Nor Rosyid, dan didampingi Ibu Kasi Penma Ibu Hj.  Lutfiah, Kepala beserta seluruh staf guru, pegawai, dan siswa MIN 2 Jepara.

Sambutan Bupati, Ahmad Marzuki yang dibacakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara Noor Rosyid, mengenai hari Pencanangan Pekan Peduli Sosial di Kab. Jepara.

Dalam amanatnya, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, menyampaikan pentingnya PPS sebagai bentuk penananman kepekaan sosial. Kepedulian sosial kepada sesama, menurutnya sangat perlu dilakukan ditengah-tengah era kehidupan materialistis yang dipacu nafsu dan egoisme. Sehingga diharapkan dapat terus menjadi pemicu semangat kebersamaan dan gotong royong terharap sesama, terlebih bagi mereka yang membutuhkan.

Adapun besaran uang saku yang dikumpulkan setiap tingkatan siswa berbeda beda. Tingkat pelajar PAUD/TK hingga SD/MI ditargetkan menyisihkan uang saku sebesar Rp 500 per hari, SMP dan SMA Rp 1.000 per hari, serta mahasiswa Rp 2.000 per harinya.

Selanjutnya dana yang terkumpul selama sepekan akan digunakan untuk berbagai sumbangan kemanusiaan. Dengan perhitungan, separuh dari sumbangan yang terkumpul disumbangkan kepada siswa dari keluarga tidak mampu di masing-masing sekolah. Sisanya untuk membantu fakir miskin di panti asuhan serta pengembangan usaha pelaku ekonomi kecil di Jepara.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Jepara, Nor Rosyid, menambahkan kegiatan tersebut merupakan ajakan kepada peserta didik untuk sedekah yang diberikan seikhlasnya.

Tujuannya untuk kebutuhan sosial khususnya untuk anak kurang mampu. “Hasilnya untuk pengembangan pendidikan. Semisal pengembangan sarpras, membelikan anak buku, sepeda dan kebutuhan lain,” terangnya. (fm/bd)