Baznas Kab. Pati Bantu Ratusan Siswa Miskin

Pati – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pati melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) bekerjasama dengan Seksi Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati mengadakan Pentasyarufan (Pendistribusian) Santunan Pendidikan kepada siswa miskin di Kabupaten Pati, Kamis (18/5) bertempat di Aula Kankemenag Kabupaten Pati.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua beserta pengurus BAZNAS Kabupaten Pati, Kabag Kesra setda mewakili Bupati Pati, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Plt. Kasubbag TU Kankemenag Kab. Pati, Kasi Penyelenggara Syariah, Kepala Sekolah Tingkat SMP/MTS/sederajat beserta siswa siswi penerima zakat dan Dosen IPMAFA dan STAI beserta mahasiswa/mahasiswi penerima zakat. Penyaluran tersebut diserahkan langsung oleh Kabag Kesra Setda mewakili Bupati Pati Hery Supriyono

Ketua Baznas Kabupaten Pati Ahmad Zarkasi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa setiap tahun dibagi 3 tahap BAZNAS Kabupaten Pati melalui UPZ Kankemenag Kabupaten Pati mendistribusikan dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) yang bersumber dari Guru, PNS dan pegawai di Kabupaten Pati.

“Terima kasih dan apresiasi kepada segenap guru, PNS dan Pegawai di Kabupaten Pati yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk membayar zakat melalui BAZNAS Kabupaten Pati,” katanya.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Pati Hery Supriyono berharap dana yang dibagikan kepada siswa miskin dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk membantu keperluan sekolah seperti membeli sepatu, seragam sekolah, buku-buku dan lain sebagainya.

Sementara itu Kepala Kankemenag Kabupaten Pati Akhmad Mundakir dalam sambutannya mengajak Pelajar untuk belajar berinfaq sejak dini untuk berbagi kepada sesama. Selama periode Juni 2016 – Mei 2017 kali ini jumlah Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) yang terkumpul di UPZ Kemenag Pati mengalami peningkatan 40 % dibanding tahun sebelumnya artinya banyak mustahik/ penerima zakat yang bisa dibantu. Hal ini sangat membantu pemerintah dalam percepatan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Pati di bidang Pendidikan, ‘pungkasnya.

Dalam kesempatan itu diberikan santunan pendidikan kepada 240 siswa SMP/MTs masing-masing menerima santunan sebesar @ Rp. 350.000,-/siswa dan sebanyak 15 mahasiswa/i masing-masing @ Rp. 1,000.000,- dengan total dana santunan yang dibagikan sejumlah Rp. 31.800.000,- (Athi’/bd)