Baznas Pati Salurkan Bantuan Bedah Rumah

Pati – Baznas Kabupaten Pati berkerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati menyalurkan dana bantuan untuk bedah rumah bagi rumah tangga miskin, bertempat di Sekretariat Baznas Kabupaten Pati, yang berada di komplek Kantor Kemenag Kabupaten Pati, Jl. P. Sudirman No.1-H Pati, Kamis (15/3/2018)

Sekretaris Baznas sekaligus Penyelenggara Syariah Kankemenag Kabupaten Pati, Muslihan mengatakan, Penyaluran dana bedah rumah di awal tahun ini diberikan kepada 4 (empat) warga di wilayah Kecamatan Trangkil, Margoyoso, Pati Kota dan Jakenan. Masing-masing memperoleh dana bantuan sebesar 20 juta.

Tahap pertama masing-masing memperoleh 10 juta dulu, setelah bedah rumah berjalan 50% baru kami gelontorkan lagi dana sebesar 10 juta pada masing-masing penerima, urai Muslihan.

Sementara itu, Dalam sambutan pengarahan Ketua Baznas Kabupaten Pati, Imam Zarkasi berharap masyarakat yang kurang beruntung agar membuat proposal melalui desa dan jika memenuhi syarat dan telah disurvei, maka Baznas akan segera membantu. Namun bantuan itu hanya bersifat stimulan alias pancingan. “Untuk itu bantuan dan partisipasi masyarakat sekitar sangat dibutuhkan, jelasnya.

Selain itu, diharapkan rumah yang akan dibedah milik sendiri, sehingga ke depannya tidak ada masalah,” ujar Zarkasi di sela-sela penyerahan bantuan tersebut. Selanjutnya dana itu akan dikelola panitia pembangun rumah tidak layak huni.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati, Imron mengatakan terus mendorong kesadaran masyarakat untuk membayar zakat, infak, dan sadaqoh. Salah satunya dilakukan Baznas Pati. (Athi’/bd)